Rencana Bisnis
LILIN HIAS
|
PEMESANAN LILIN HIAS AROMATERAPI
Pontianak, 7
Januari 2012
disusun
oleh:
HILARIA AGUSTINA
MALISA ANA
RUDI KURNIAWAN
SUANDI
Jl. Prof. M. Yamin, Gg. Keluarga Bersama, No. 37
No. Tlp: 085250609369
DAFTAR HALAMAN
3.4 PROYEKSI
PENJUALAN………………………………………………………...8
4.4 RENCANA PENGEMBANGAN
PRODUKSI…………………………………..12
7.2 RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI………………………………………..18
7.3 RENCANA ARUS KAS (KAS
FLOW)………………………………………….19
B. PETA LOKASI……………………………………………………………………28
C FOTO PRODUK…………………………………………………………………..29
1. RINGKASAN EKSEKUTIF
“LILIN HIAS” MERUPAKAN USAHA DALAM BIDANG
PEMESANAN KERAJINAN LILIN HIAS DENGAN PENJUALAN TAHUN 2011 TADI MENCAPAI RP
105.000.000. NILAI KEKAYAAN PERUSAHAAN TERAKHIR HAMPIR MENDEKATI
RP 98.000.000
RENCANA PENGEMBANGAN UNTUK USAHA KAMI,
KAMI AKAN MENINGKATAN PENJUALAN DENGAN VARIASI BENTUK DAN AROMA TERBARU YANG LEBIH MENARIK LAGI. UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KAMI TERSEBUT
KAMI BERENCANA MEMBUTUHKAN DANA HAMPIR
RP.100 JUTA LEBIH DENGAN JANGKA
WAKTU 10-15
TAHUN, SERTA DENGAN ANGGARAN YANG TELAH DISEPAKATI
BERSAMA.
|
2. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
2.1 DATA PERUSAHAAN
1.
Nama Usaha
|
LILIN HIAS
|
2.
Bidang Usaha
|
PEMESANAN LILIN HIAS
AROMATERAPI
|
3.
Jenis Produk
|
LILIN
|
4.
Alamat Perusahaan
|
JL. PROF. M. YAMIN, GG.
KELUARGA BERSAMA
|
5.
Nomor Telepon
|
085250609363
|
6.
Bank Usaha
|
BANK KALBAR PONTIANAK
|
7.
Bentuk Badan Hukum
|
-
|
8.
Nomor Akte Pendirian
|
-
|
9.
N P W P
|
-
|
10.
Mulai Berdiri
|
2011
|
2.2 BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.
Nama
|
MALISA ANA
|
2.
Jabatan
|
PEMILIK USAHA
|
3.
Tempat dan Tanggal Lahir
|
PONTIANAK, 01 MARET 1991
|
4.
Alamat Rumah
|
JL. PROF. M. YAMIN, GG.
KELUARGA BERSAMA
|
5.
Nomor Telepon
|
085250609369
|
6.
Nomor Fax
|
-
|
7.
Alamat E-mail
|
8.
Pendidikan Terakhir
|
SMA KARYA SEKADAU
|
9.
Pengalaman Kerja
|
PEGAWAI SWASTA
|
2.3 STRUKTUR ORGANISASI
MALISA ANA
PEMILIK
|
2.4 SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM
NAMA
|
Jumlah Saham
|
Nilai Saham
|
Persentase
|
MALISA ANA
|
2
|
20.000.000
|
40%
|
HILARIA
AGUSTINA
|
1
|
10.000.000
|
20%
|
RUDI
KURNIAWAN
|
1
|
10.000.000
|
20%
|
SUANDI
|
1
|
10.000.000
|
20%
|
TOTAL
|
5
|
50.000.000
|
100%
|
3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN
1. LILIN HIAS
2. LILIN AROMATERAPI
Produk yang
kami buat sesuai dengan pesanan
pelanggan dan siap kirim.
|
KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
1.
AMAN DAN TAHAN LAMA
2.
MENGGUNAKAN AROMATERAPI ALAMI
3.
KUALITAS TERJAMIN
|
3.2 GAMBARAN PASAR
DATA NILAI PENJUALAN (3 – 5 TAHUN TERAKHIR)
pada tahun ke-2 dan ke-4Terkendala oleh bahan pokok yang naik secara
drastis, seperti harga bahan baku
lilin (parafin,stearin,pewarna,aromaterapi) yang
meningkat tajam.
|
KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN
PERSONAL SELLING
Pemasaran produk kami dipublikasikan
melalui via online, keluarga dan teman-teman, bagi konsumen baru kami beri harga istimewa
dan dapat diantar ke rumah . Dan hasilnya lebih cepat
dari yang kami duga, banyak yang mengetahui dan mempercepat proses pemasaran usaha kami.......................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
BROSUR
Kami juga menyebarkan dengan menggunakan brosur, dan membagikan
kerumah pelanggan-pelanggan kami pada saat mengantar produk kami.Hasilnya banyak
pelanggan baru yg mengetahui melalui brosur yg disebarkan juga oleh pelanggan
tetap kami dan juga ada yang
memesan produk kami melalui via online.....
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
3.3 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA
Pembeli atau pelanggan kami kebanyakan
dari rumah kecantikan, cafe-cafe
dan pesta pernikahan. Atau toko-toko souvenir dan hotel berbintang serta
ada juga yang memesan secara individu.
|
3.4 PROYEKSI PENJUALAN
Dari tahun ke tahun usaha kami mengalami
peningkatan drastis, serta banyaknya dukungan moril dari keluarga agar usaha
kami tetap berlanjut.
|
3.5 STRATEGI PEMASARAN
PENGEMBANGAN PRODUK
Tiap bulan kami akan mengeluarkan model dan
aroma baru untuk usaha kami, agar pelanggan tidak
bosan dengan model dan aroma yang itu-itu saja. Dan tidak meninggalkan model dan aroma yang
sudah ada.
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
PENGEMBANGAN WILAYAH
PEMASARAN
Kami akan memasarkan di
kawasan Pontianak dan Luar
Pontianak....................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan penyebaran Brosur-brosur oleh kami sendiri,menawarkan
harga diskon untuk pelanggan baru.Serta kami juga mempromosikan usaha kami melalui via online..................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami tetap akan melakukan perubahan model dan aroma yang baru, agar para pelanggan tidak bosan dengan model dan aroma yang itu
itu saja. Serta menetapkan harga yang sesuai dengan model dan aroma yang diinginkan..............................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
3.6 ANALISIS PESAING
PESAING
|
KEUNGGULAN
|
KELEMAHAN
|
TOKO-TOKO LILIN
|
1.
LEBIH CEPAT MENYAJIKAN PRODUK
2.
MURAH
|
1.
KEAMANAN MERAGUKAN
2.
KEBERSIHAN BELUM TERJAMIN
|
TOKO SOUVENIR
|
1.
KEBERSIHAN TERJAMIN
2.
FASILITAS LENGKAP
|
1.
MAHAL
2.
MODEL TIDAK
SESUAI DENGAN KEINGINAN
|
3.7 SALURAN DISTRIBUSI
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
1. Wilayah Pemasaran
|
√ Lokal ..................... 100. %
|
2. Jalur Distribusi
|
√ Individu
|
|
3. Alamat Penjualan (Pemilik Usaha)
|
JL. PROF. M. YAMIN, GG. KELUARGA BERSAMA
|
4. ANALISIS PRODUKSI
4.1 PROSES PRODUKSI
PROSES
PRODUKSI
|
TEKNOLOGI
|
PENGOLAHAN
|
KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI
1.
Tidak
memakan waktu yang lama
2.
Terjamin kualitasnya
|
4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA
BAHAN BAKU |
KEBUTUHAN
RATA-RATA
PER BULAN
|
SUMBER
|
PARAFIN
|
8 KG
|
TOKO BANGUNAN
|
STEARIN
|
8 KG
|
TOKO BANGUNAN
|
PEWARNA
|
2 BOTOL
|
TOKO BANGUNAN
|
PEWANGI
|
1 BOTOL
|
TOKO GROSIR
|
BAHAN PENOLONG |
KEBUTUHAN
RATA-RATA
PER BULAN
|
SUMBER
|
HIASAN LILIN
|
3 BUNGKUS
|
TOKO GROSIR
|
4.4 RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
1.
ADVERTISING
USAHA MELALUI BROSUR, DAN VIA ONLINE
2.
PENAMBAHAN
MODEL DAN AROMA BARU
3.
PENGEMBANGAN
WILAYAH PASAR
|
5. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)
5.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM
KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN
1.
UNTUK BAG.ACOUNTING MEMILIKI KEAHLIAN
KOMPUTER
2.
PERANCANG YANG HANDAL
3.
BAG.PEMASARAN YANG CEKATAN
|
5.2 ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN |
Tingkat
Pendidikan
|
Pengalaman
(tahun)
|
Keterampilan
Khusus
|
SURVEYOR
|
SMA
|
-
|
Mengetahui Area Seluruh Pontianak
|
GUDANG
|
SMA
|
-
|
Merincikan Input dan Output barang yg
digunakan untuk proses produksi
|
5.3 RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN |
Jumlah
Kebutuhan
|
Tenaga
yang Tersedia
|
Tenaga
yang Harus Direkrut
|
PERAKIT
|
6
|
4
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
6.1 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami
melalui mulut ke mulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak maka
kami memulai dengan penyebaran brosur ke rumah-rumah
kecantikan, cafe-cafe dan toko-toko souvenir.
Setelah Usaha kami berkembang sedikit demi sedikit, saya
memberanikan diri dengan melakukan pemasaran lewat via online .....................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya
melakukan pencatatan model-model
lilin hias yang pelanggan saya pesan, memulai proses
pembelanjaan bahan-bahan. Setelah Barang tersebut dibeli, perancang kami segera
melakukan tugasnya yaitu memulai dengan proses menyiapakan alat dan bahan seperti kompor, panci, pengaduk, cetakan, parafin,
stearin, pewarna, dan pewangi. Proses pembuatan dengan memanaskan parafin
samapai meleleh, tambahkan stearin kedalam cairan parafin, aduk rata . perbandingan adonan 1:2 untuk stearin dan parafin.
dalam hal ini yang menentukan keras tidaknya suatu lilin adalah jumlah
stearin. Setelah
semuanya tercampur, kemudian tuang kedalam cetakan yang telah diberi sumbu
dengan mengarah tegak keatas. Pada bagian bawah sumbu direkatkan dengan
menggunakan lilin malam/isolasi. Tunggu beberapa saat hingga lilin benar-benar
mengeras, baru setelah itu lilin dapat dilepas dari cetakan. Dengan
kreasi kita sendiri kita bisa menciptakan lilin dengan berbagai bentuk dari
berbagai cetakan yang kita gunakan ..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
|
STRATEGI ORGANISASI DAN
SDM
-
1 Orang Manajer Yang
menghandel
pemesanan kepara pelanggan, belanja ,dan memantau hasil kerja karyawan
Perakit terdiri dari 6 orang,....................................................................................................
2 Orang bagian menyiapkan alat dan bahan
4 Orang yang memproses pembuatan lilin.............................................................................
-
Pemasaran (Pengantar Produk)
9 Orang
-
Acounting 1 Orang, untuk pembayaran gaji,dan
pengeluaran lainya.
|
STRATEGI KEUANGAN
Modal yg kami punya langsung dibagi untuk keperluan bahan
baku,penolong, pengeluaran lainnya seperti pembayaran air,listrik, serta
pembayaran gaji untuk para karyawan......................................
...............................................................................................................................................
|
6.2 TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
KEGIATAN |
bulan
ke -
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
Pemasaran Usaha
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Penambahan karyawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
Pembelian Alat-alat produksi agar
mempercepat proses pengolahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. ANALISIS KEUANGAN
7.1 LAPORAN KEUANGAN
LAPORAN ARUS KAS
|
||||
LILIN HIAS
|
||||
TAHUN 2010
|
||||
NOV 2010
|
DES 2010
|
JAN 2011
|
||
A.
|
PENERIMAAN
|
|
|
|
|
Penerimaan Penjualan
|
0
|
0
|
0
|
|
Penerimaan Pinjaman
|
0
|
0
|
0
|
|
Sub Total
Penerimaan
|
0
|
0
|
0
|
B.
|
PENGELUARAN
|
|
|
|
|
Pembelian Asset (Investasi)
|
0
|
0
|
0
|
|
Pembelian Bahan Baku
|
0
|
0
|
0
|
|
Pembelian Bahan Pembantu
|
0
|
0
|
0
|
|
Upah Buruh Produksi
|
0
|
0
|
0
|
|
Transport (Pengiriman Produk)
|
0
|
0
|
0
|
|
Biaya Produksi Lain-Lain
|
0
|
0
|
0
|
|
Gaji Pimpinan
|
0
|
0
|
0
|
|
Gaji Staf Administrasi dan Umum
|
0
|
0
|
0
|
|
Biaya Pemeliharaan
|
0
|
0
|
0
|
|
Biaya Pemasaran
|
0
|
0
|
0
|
|
Alat Tulis Kantor
|
0
|
0
|
0
|
|
Listrik, Air, Telepon
|
0
|
0
|
0
|
|
Biaya Administrasi Lain-Lain
|
0
|
0
|
0
|
|
Angsuran Pokok
|
0
|
0
|
0
|
|
Biaya Bunga
|
0
|
0
|
0
|
|
Biaya Pajak
|
0
|
0
|
0
|
|
Sub Total
Pengeluaran
|
0
|
0
|
0
|
C.
|
SELISIH KAS
|
0
|
0
|
0
|
D.
|
SALDO KAS AWAL
|
0
|
0
|
0
|
E.
|
SALDO KAS AKHIR
|
0
|
0
|
0
|
LAPORAN LABA RUGI
|
||
LILIN HIAS
|
||
TAHUN 2010
|
||
A.
|
HASIL PENJUALAN
|
|
|
Penjualan
|
0
|
|
Sub Total
Hasil Penjualan
|
0
|
B.
|
BIAYA PRODUKSI / VARIABEL
|
|
|
Bahan Baku
|
0
|
|
Bahan Pembantu
|
0
|
|
Upah Buruh Produksi
|
0
|
|
Transport (Pengiriman Produk)
|
0
|
|
Biaya Lain-Lain
|
0
|
|
Sub Total
Biaya Produksi
|
0
|
C.
|
BIAYA TETAP
|
|
|
Gaji Pimpinan
|
0
|
|
Gaji Staf Administrasi dan Umum
|
0
|
|
Biaya Pemeliharaan
|
0
|
|
Penyusutan
|
0
|
|
Sub Total
Biaya Tetap
|
0
|
D.
|
BIAYA ADMINISTRASI
|
|
|
Biaya Pemasaran
|
0
|
|
Alat Tulis Kantor
|
0
|
|
Listrik, Air, Telepon
|
0
|
|
Biaya Lain-Lain
|
0
|
|
Sub Total
Biaya Administrasi
|
0
|
E.
|
TOTAL BIAYA (B + C + D)
|
0
|
F.
|
Laba Sebelum Pajak (A -
E)
|
0
|
G.
|
Pajak
|
0
|
H.
|
Laba Bersih (F - G)
|
0
|
7.2 RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI
1
KETERANGAN:
Nilai
Penerimaan tahun pertama (2001) sama dengan jumlah Penerimaan per bulan untuk
tahun pertama (2001), begitu pula dengan nilai pengeluaran. Saldo kas awal
tahun pertama (2001) adalah saldo kas awal bulan pertama.
7.4 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN
TOTAL NILAI
KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
|
RP.180.000.0000
|
TOTAL
NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
|
RP.
35.000.000
|
TOTAL NILAI
KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
|
RP. 145.000.000
|
7.5 RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN
JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)
|
15 TAHUN
|
*) sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel
RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
|
TIAP DESEMBER
|
*) sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel
RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
7.6 AGUNAN YANG DIMILIKI
1.
Jenis Agunan
|
TANAH
|
2.
Spesifikasi
dan Keterangan Lain-Lain
|
TANAH 1 HEKTAR
|
3.
Aspek Legalitas
|
AKTA TANAH ADA
|
4.
Nilai Agunan
|
2 MILYAR
|
8. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
8.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
|
8.2 DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN
Membuat masyarakat sekitar terganggu akan bau sampah yang dikeluarkan.
|
8.3 ANALISIS RESIKO USAHA
|
8.4 ANTISIPASI RESIKO USAHA
|
LAMPIRAN
A. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS
STRENGTH
(KEKUATAN): sebutkan asset atau hal yang paling
berharga dalam organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
|
|
1.
PRODUK
Harga jual
Mutu produk
Perlengkapan (feature)
tambahan
Pengemasan
|
Untuk Harga jual kami menyesuaikan dengan
model yg
dipesan,dan sangat terjangkau. Kwalitas pasti terjamin, serta kami bingkis dengan bungkusan dan hiasan yang cantik.
|
2.
FUNGSI PEMASARAN
Promosi dan iklan
|
Untuk mempromosikan usaha lilin kami, kami
melakukan penyebaran brosur .
|
3.
PELAYANAN PELANGGAN
Keramahan pelayanan
|
Untuk keramahan tetap akan kami terapkan
mulai dari pemesanan sampai produk yang telah dipesankan sampai ke tujuan
pelanggan.
|
4.
ORGANISASI DAN SD
Tingkat keahlian khusus
Tingkat pendidikan
Pengalaman kerja
Jumlah tenaga kerja
|
Untuk tingkat keahlian, seperti perancang sangat diperlukan agar tercipta suatu menu
terbaru,
Karena usaha kami belumlah sebesar
perusahaan, maka tingkat pendidikan yg tinggi belumlah menjadi patokan bagi
kami,karena kami lebih memerlukan skill khusus untuk usaha kami.
Begitu juga untuk pengalaman sama seperti
keahlian diatas juga dibutuhkan bagi usaha kami.
Untuk jumlah tenaga kerja kami belum membutuhkan tenaga yang
cukup besar ,karena usaha kami belumlah terlalu besar.
|
5.
SISTEM MANAJEMEN
Sistem pembukuan
(akuntansi)
Sistem administrasi
|
Disini kami menggunakan tenaga Accounting
untuk menghitung dana keluar dan masuk untuk kelancaran produksi kami.
Tenaga accounting disini juga merangkap
sebgai juru bayar untuk penggajian karyawan, dll.
|
6.
PRODUKSI
Biaya produksi
Perencanaan produksi
Kapasitas produksi
Kemampuan pemenuhan order
Fasilitas produksi
Penanganan limbah
produksi
|
Karena usaha kami ini dimulai melalui
pemesanan, maka kapasitas produksi disesuaikan dengan jumlah pemesanan
tersebut, dan dari situ bisa dilihat berapa besar biaya untuk memproduksi
suatu model
serta jumlahnya.
Untuk kemampuan orderan kami terima
berapapun asal telah disepakati jauh-jauh hari.
Untuk penanganan limbah produksi kami,
kami telah membayar pengambil sampah khusus yg datang setiap hari mulai pukul
06.00 wib.
|
7.
TEKNOLOGI
Penggunaan teknologi
modern
|
Untuk teknologi kami menggunakan internet
untuk melihat model-model atau
bentuk lilin terbaru, serta cara pengembangan usaha kami.
|
WEAKNESS
(KELEMAHAN): sebutkan permasalahan utama yang
timbul di dalam organisasi / perusahaan anda saat ini, berikan komentar
seperlunya.
|
|
1.
PRODUK
Harga jual
|
Untuk harga, kami sesuaikan dengan model dan aroma yang
dipesan, berapa banyak yang dipesan. Tapi terkadang berubah-ubah , karena
bahan pokok tersebut kadang kadang mengalami peningkatan serta penurunan,
tapi sebelum hal itu terjadi, sejak awal awal sudah kami beritahukan kepada
pelanggan kami.
|
2.
FUNGSI PEMASARAN
Promosi dan iklan
Tenaga sales
|
Untuk promosi sering terkandala pada saat
penyebaran brosur karena terkadang orang hanya membacanya sekilas setelah itu
membuangnya.
Tenaga order yang menyebarkan brosur terkadang tidak
menyebarkan sampai ke tempat-tempat terpencil, hanya di tempat keramaian
saja,
|
3.
ORGANISASI DAN SDM
|
Untuk tenaga kerja kami masih mencari
sebagai perancang, karena pada saat ini perancang kami kurang.
|
4.
PRODUKSI
Biaya produksi
Perencanaan produksi
Kapasitas produksi
Fasilitas produksi
Penanganan limbah
produksi
|
Karena harga bahan pokok yang terkadang
naik dan turun membuat perencanaan produksi kami macet. serta biaya yang
direncanakan demikian terpaksa harus ditambah untuk menutupi kekurangan
tersebut .
Untuk penangganan limbah terkadang
pengambil sampah datangnya telat, membuat sampah produksi meluber ke jalan
serta menimbulkan bau tak sedap dan pemandangan yang kurang enak.
|
OPPORTUNITIES
(PELUANG): sebutkan kesempatan atau peluang yang
datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda
saat ini, berikan komentar seperlunya.
|
|
1.
PERSAINGAN
Persaingan untuk usaha
sejenis
|
Pada saat ini usaha lilin hias di Pontianak
belumlah terlalu menjamur, peluang usaha masih besar asal mau dikerjakan
dengan kesabaran dan keuletan.
|
2.
PEMODALAN
Hubungan
dengan lembaga keuangan (perbankan)
Tingkat suku bunga kredit
|
Sampai saat ini kami menjalin kerjasama dengan Bank Kalbar
sebagai mitra usaha .
Untuk tingkat suku bunga kredit juga tidak terlalu tinggi.
|
3.
PELUANG PASAR
Akses dan informasi pasar
Permintaan pasar
Perilaku pasar
|
Untuk toko-toko dipontianak cukup merespon usaha kami
ini, Karena kami ingin menjadi yang utama dalam Usaha ini, dan dikenal oleh para konsumen.
|
4.
KEMAJUAN TEKNOLOGI
Perkembangan teknologi
produksi
|
Karena semakin canggih teknologi
sekarang, maka untuk mempercepat produksi kami, kami membeli peralatan
seperti mesin-mesin yang canggih untuk mempercepat pemprosesan produksi.
|
5.
TENAGA KERJA
Ketersediaan tenaga kerja
sesuai kebutuhan
|
Pencarian tenaga yang sesuai kebutuhan
masih tetap kami butuhkan sampai sekarang, tapi tidak terlalu banyak, melihat
usaha kami yang baru mulai berkembang ini.
|
6.
BAHAN BAKU
Mutu bahan baku
Ketersediaan bahan baku
|
Untuk bahan baku, kami usahakan yang masih
bagus dan masih layak digunakan dan bisa diproses disesuaikan kebutuhan pelanggan.
|
7.
MASYARAKAT SEKITAR
Sikap masyarakat terhadap
produk
|
Masyarakat merespon baik usaha kami ini,
karena tidak membuat keributan, pencemaran udara,serta limbah.
|
THREATS
(HAMBATAN): sebutkan ancaman atau hambatan yang
datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda
saat ini, berikan komentar seperlunya.
|
|
1.
PERSAINGAN
Persaingan untuk usaha
sejenis
|
Makin banyaknya macam-macam souvenir sehingga membuat orang tidak terlalu bingung memilih untuk acara-acara mereka.
|
2.
PEMODALAN
Hubungan
dengan lembaga keuangan (perbankan)
Tingkat suku bunga kredit
|
Untuk pencairan dana permodalan usaha
cukup lama, terkadang kami harus meminjam dulu kepada keluarga.
Tingkat suku bunga yang kadang
berubah-ubah membuat kami bingung, walaupun masih dibatas kewajaran.
|
3.
PELUANG PASAR
Akses dan informasi pasar
Permintaan pasar
Perilaku pasar
|
Karena tidak semua masyarakat mengetahui
usaha kami ini. Maka dalam hal ini kami lebih giat dalam mempromosikan usaha
kami.
|
4.
KEMAJUAN TEKNOLOGI
Perkembangan teknologi
produksi
|
Untuk mempercepat proses produkasi
memerlukan peralatan yang canggih, tapi barang tersebut tidak semua ada
dipontianak, selebihnya dipesan dulu dan harganya cukup mahal.
|
5.
TENAGA KERJA
Ketersediaan tenaga kerja
sesuai kebutuhan
|
Dalam mencari tenaga kerja sesuai
kebutuhan tidaklah sulit, tapi jika pengalaman kurang membuat sedikit
hambatan bagi usaha kami.
|
6.
BAHAN BAKU
Mutu bahan baku
Fluktuasi harga bahan baku
Ketersediaan bahan baku
|
Untuk bahan baku seperti parafin, stearin, pewarna, dan pewangi bisa di
simpan dalam jangka waktu lama karena tahan lama dan aman .
|
7.
MASYARAKAT SEKITAR
Sikap masyarakat terhadap
produk
|
Belum terlalu mengetahui secara pasti
usaha kami dikarenakan kurang info mengenai usaha ini.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar