Jumat, 13 Januari 2012

proposal lilin hias

Rencana Bisnis
LILIN HIAS
PEMESANAN LILIN HIAS AROMATERAPI





Pontianak, 7 Januari 2012



disusun oleh:
HILARIA AGUSTINA
MALISA ANA
RUDI KURNIAWAN
SUANDI


Jl. Prof. M. Yamin, Gg. Keluarga Bersama, No. 37
No. Tlp: 085250609369



DAFTAR HALAMAN



         3.4    PROYEKSI PENJUALAN………………………………………………………...8
4.4    RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI…………………………………..12
7.2    RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI………………………………………..18
7.3    RENCANA ARUS KAS (KAS FLOW)………………………………………….19
B.    PETA LOKASI……………………………………………………………………28
C     FOTO PRODUK…………………………………………………………………..29
 

1.   RINGKASAN EKSEKUTIF

LILIN HIAS” MERUPAKAN USAHA DALAM  BIDANG PEMESANAN KERAJINAN LILIN HIAS DENGAN PENJUALAN TAHUN 2011 TADI MENCAPAI RP 105.000.000. NILAI KEKAYAAN PERUSAHAAN TERAKHIR HAMPIR MENDEKATI RP 98.000.000
RENCANA PENGEMBANGAN UNTUK USAHA KAMI, KAMI AKAN MENINGKATAN PENJUALAN DENGAN VARIASI BENTUK DAN AROMA  TERBARU  YANG  LEBIH MENARIK  LAGI. UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KAMI TERSEBUT KAMI BERENCANA MEMBUTUHKAN DANA HAMPIR  RP.100 JUTA LEBIH  DENGAN JANGKA WAKTU 10-15 TAHUN, SERTA DENGAN ANGGARAN YANG  TELAH  DISEPAKATI  BERSAMA.


2.   LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1   DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Usaha
LILIN HIAS

2.         Bidang Usaha
PEMESANAN LILIN HIAS AROMATERAPI

3.         Jenis Produk
LILIN

4.         Alamat Perusahaan
JL. PROF. M. YAMIN, GG. KELUARGA BERSAMA

5.         Nomor Telepon
085250609363



6.         Bank Usaha
BANK KALBAR PONTIANAK

7.         Bentuk Badan Hukum
-

8.         Nomor Akte Pendirian
-

9.         N P W P
-

10.     Mulai Berdiri
2011



2.2   BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
MALISA ANA

2.         Jabatan
PEMILIK USAHA

3.         Tempat dan Tanggal Lahir
PONTIANAK, 01 MARET  1991

4.         Alamat Rumah
JL. PROF. M. YAMIN, GG. KELUARGA BERSAMA

5.         Nomor Telepon
085250609369

6.         Nomor Fax
-

7.         Alamat E-mail

8.         Pendidikan Terakhir
SMA KARYA SEKADAU

9.         Pengalaman Kerja
PEGAWAI SWASTA

2.3   STRUKTUR ORGANISASI

      MALISA ANA
                                                            PEMILIK
 



HILARIA AGUSTINA
PERANCANG
 












2.4   SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM


NAMA
Jumlah Saham
Nilai Saham
Persentase
MALISA ANA
2
20.000.000
40%
HILARIA AGUSTINA
1
10.000.000
20%
RUDI KURNIAWAN
1
10.000.000
20%
SUANDI
1
10.000.000
20%
TOTAL
5
50.000.000
100%

3.   ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

 

3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

1. LILIN HIAS
2. LILIN AROMATERAPI
Produk yang kami buat sesuai dengan pesanan pelanggan dan siap kirim.

KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

1.         AMAN DAN TAHAN LAMA
2.         MENGGUNAKAN  AROMATERAPI ALAMI
3.         KUALITAS TERJAMIN

 

 

 

 

 

 

 

3.2   GAMBARAN PASAR

DATA NILAI PENJUALAN (3 – 5 TAHUN TERAKHIR)


pada tahun ke-2 dan ke-4Terkendala oleh bahan pokok yang naik secara drastis, seperti harga bahan baku lilin (parafin,stearin,pewarna,aromaterapi) yang meningkat tajam.

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

    PERSONAL SELLING
Pemasaran produk kami dipublikasikan melalui via online, keluarga dan teman-teman,  bagi konsumen baru kami beri harga istimewa dan dapat diantar ke rumah . Dan hasilnya lebih cepat dari yang kami duga, banyak yang mengetahui dan mempercepat proses pemasaran usaha kami.......................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    BROSUR
Kami juga menyebarkan dengan menggunakan brosur, dan membagikan kerumah pelanggan-pelanggan kami pada saat mengantar produk kami.Hasilnya banyak pelanggan baru yg mengetahui melalui brosur yg disebarkan juga oleh pelanggan tetap kami dan juga ada yang memesan produk kami melalui via online.....
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................


3.3   TARGET ATAU SEGMEN  PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

Pembeli atau pelanggan kami kebanyakan dari rumah kecantikan, cafe-cafe dan pesta pernikahan. Atau toko-toko souvenir dan hotel berbintang serta ada  juga yang memesan secara individu.

3.4   PROYEKSI PENJUALAN

Dari tahun ke tahun usaha kami mengalami peningkatan drastis, serta banyaknya dukungan moril dari keluarga agar usaha kami tetap berlanjut.


3.5   STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
Tiap bulan kami akan mengeluarkan model dan aroma baru untuk usaha kami, agar pelanggan tidak bosan dengan model dan aroma yang itu-itu saja. Dan tidak meninggalkan model dan aroma yang sudah ada.        
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Kami akan memasarkan di kawasan Pontianak dan Luar Pontianak....................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan penyebaran Brosur-brosur oleh kami sendiri,menawarkan harga diskon untuk pelanggan baru.Serta kami juga mempromosikan usaha kami melalui via online..................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami tetap akan melakukan perubahan model dan aroma yang baru, agar para pelanggan tidak bosan dengan model dan aroma yang itu itu saja. Serta menetapkan harga yang sesuai dengan model dan aroma yang diinginkan..............................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

3.6   ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
TOKO-TOKO LILIN
1.         LEBIH CEPAT MENYAJIKAN PRODUK
2.         MURAH
1.         KEAMANAN MERAGUKAN
2.         KEBERSIHAN BELUM TERJAMIN
TOKO SOUVENIR
1.         KEBERSIHAN TERJAMIN
2.         FASILITAS LENGKAP
1.         MAHAL
2.         MODEL TIDAK SESUAI DENGAN KEINGINAN

3.7   SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1.     Wilayah Pemasaran
     Lokal ..................... 100. %

2.     Jalur Distribusi
     Individu


3.     Alamat  Penjualan (Pemilik Usaha)
JL. PROF. M. YAMIN, GG. KELUARGA BERSAMA





4.   ANALISIS PRODUKSI

4.1   PROSES PRODUKSI

 

PROSES PRODUKSI
TEKNOLOGI
PENGOLAHAN



KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

1.         Tidak memakan waktu yang lama
2.         Terjamin kualitasnya

4.2   BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
PARAFIN
8 KG
TOKO BANGUNAN
STEARIN
8 KG
TOKO BANGUNAN
PEWARNA
2 BOTOL
TOKO BANGUNAN
PEWANGI
1 BOTOL
TOKO GROSIR

BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
HIASAN LILIN
 3 BUNGKUS
TOKO GROSIR


4.4   RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.         ADVERTISING USAHA MELALUI BROSUR, DAN VIA ONLINE
2.         PENAMBAHAN MODEL DAN AROMA BARU
3.         PENGEMBANGAN WILAYAH PASAR



5.   ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1   ANALISIS KOMPETENSI SDM

    

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.         UNTUK BAG.ACOUNTING MEMILIKI KEAHLIAN KOMPUTER
2.         PERANCANG YANG HANDAL
3.         BAG.PEMASARAN YANG CEKATAN

 

5.2   ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
SURVEYOR
SMA
-
Mengetahui Area Seluruh Pontianak
GUDANG
SMA
-
Merincikan Input dan Output barang yg digunakan untuk proses produksi

5.3   RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Direkrut
PERAKIT
6
4
2










6.   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

 

    STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami melalui mulut ke mulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak maka kami memulai dengan penyebaran brosur ke rumah-rumah kecantikan, cafe-cafe dan toko-toko souvenir.
Setelah Usaha kami berkembang sedikit demi sedikit, saya memberanikan diri dengan melakukan pemasaran lewat via online .....................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya melakukan pencatatan model-model lilin hias yang pelanggan saya pesan, memulai proses pembelanjaan bahan-bahan. Setelah Barang tersebut dibeli, perancang kami segera melakukan tugasnya yaitu memulai dengan proses menyiapakan alat dan bahan seperti kompor, panci, pengaduk, cetakan, parafin, stearin, pewarna, dan pewangi. Proses pembuatan dengan memanaskan parafin samapai meleleh, tambahkan stearin kedalam cairan parafin, aduk rata .  perbandingan adonan 1:2 untuk stearin dan parafin. dalam hal ini yang menentukan keras tidaknya suatu lilin adalah jumlah stearin. Setelah semuanya tercampur, kemudian tuang kedalam cetakan yang telah diberi sumbu dengan mengarah tegak keatas. Pada bagian bawah sumbu direkatkan dengan menggunakan lilin malam/isolasi. Tunggu beberapa saat hingga lilin benar-benar mengeras, baru setelah itu lilin dapat dilepas dari cetakan. Dengan kreasi kita sendiri kita bisa menciptakan lilin dengan berbagai bentuk dari berbagai cetakan yang kita gunakan ..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................           

    STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
-          1 Orang Manajer Yang menghandel pemesanan kepara pelanggan, belanja ,dan memantau  hasil kerja karyawan
Perakit terdiri dari 6 orang,....................................................................................................
2 Orang bagian menyiapkan alat dan bahan
4 Orang yang memproses pembuatan lilin.............................................................................
-           Pemasaran (Pengantar Produk) 9 Orang
-           Acounting  1 Orang, untuk pembayaran gaji,dan pengeluaran lainya.

    STRATEGI KEUANGAN
Modal yg kami punya langsung dibagi untuk keperluan bahan baku,penolong, pengeluaran lainnya seperti pembayaran air,listrik, serta pembayaran gaji untuk para karyawan......................................
...............................................................................................................................................

6.2   TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Pemasaran Usaha

Penambahan karyawan











Pembelian Alat-alat produksi agar mempercepat proses pengolahan



























7.   ANALISIS KEUANGAN

7.1   LAPORAN KEUANGAN

LAPORAN ARUS KAS
LILIN HIAS
TAHUN 2010







NOV 2010
DES 2010
JAN 2011
A.
PENERIMAAN




Penerimaan Penjualan
0
0
0

Penerimaan Pinjaman
0
0
0

Sub Total Penerimaan
0
0
0
B.
PENGELUARAN




Pembelian Asset (Investasi)
0
0
0

Pembelian Bahan Baku
0
0
0

Pembelian Bahan Pembantu
0
0
0

Upah Buruh Produksi
0
0
0

Transport (Pengiriman Produk)
0
0
0

Biaya Produksi Lain-Lain
0
0
0

Gaji Pimpinan
0
0
0

Gaji Staf Administrasi dan Umum
0
0
0

Biaya Pemeliharaan
0
0
0

Biaya Pemasaran
0
0
0

Alat Tulis Kantor
0
0
0

Listrik, Air, Telepon
0
0
0

Biaya Administrasi Lain-Lain
0
0
0

Angsuran Pokok
0
0
0

Biaya Bunga
0
0
0

Biaya Pajak
0
0
0

Sub Total Pengeluaran
0
0
0
C.
SELISIH KAS
0
0
0
D.
SALDO KAS AWAL
0
0
0
E.
SALDO KAS AKHIR
0
0
0

 








LAPORAN LABA RUGI
LILIN HIAS
TAHUN 2010



A.
HASIL PENJUALAN


Penjualan
0

Sub Total Hasil Penjualan
0
B.
BIAYA PRODUKSI / VARIABEL


Bahan Baku
0

Bahan Pembantu
0

Upah Buruh Produksi
0

Transport (Pengiriman Produk)
0

Biaya Lain-Lain
0

Sub Total Biaya Produksi
0
C.
BIAYA TETAP


Gaji Pimpinan
0

Gaji Staf Administrasi dan Umum
0

Biaya Pemeliharaan
0

Penyusutan
0

Sub Total Biaya Tetap
0
D.
BIAYA ADMINISTRASI


Biaya Pemasaran
0

Alat Tulis Kantor
0

Listrik, Air, Telepon
0

Biaya Lain-Lain
0

Sub Total Biaya Administrasi
0
E.
TOTAL BIAYA (B + C + D)
0
F.
Laba Sebelum Pajak (A - E)
0
G.
Pajak
0
H.
Laba Bersih (F - G)
0


7.2   RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI


1



KETERANGAN:
Nilai Penerimaan tahun pertama (2001) sama dengan jumlah Penerimaan per bulan untuk tahun pertama (2001), begitu pula dengan nilai pengeluaran. Saldo kas awal tahun pertama (2001) adalah saldo kas awal bulan pertama.


7.4   RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN

TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
RP.180.000.0000


TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
RP. 35.000.000

TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
RP. 145.000.000


7.5   RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN

JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)
15 TAHUN
*)  sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
 TIAP DESEMBER
*)  sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

7.6   AGUNAN YANG DIMILIKI

1.         Jenis Agunan
TANAH

2.         Spesifikasi dan Keterangan Lain-Lain
TANAH 1 HEKTAR

3.         Aspek Legalitas
AKTA TANAH ADA

4.         Nilai Agunan
2 MILYAR


8.   ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1   DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

  • Usaha lebih dikenal oleh masyarakat sekitar tempat tinggal
  • Jika pesanan lebih banyak biasanya kami meminta tetangga sekitar untuk membantu.


8.2   DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN

  • Sampah bekas pengolahan menumpuk, jika pengangkut sampah tidak datang tepat waktu
Membuat masyarakat sekitar terganggu akan bau sampah yang dikeluarkan.


8.3   ANALISIS RESIKO USAHA

  • Biasanya yang menjadi kendala yaitu bahan baku / bahan pokok dalam pembuatan produk seperti daging,sayur, serta bumbu yang kadang-kadang naik tanpa sepengetahuan, membuat modal yang telah direncanakan seperti biasa harus bertambah karena kenaikan tersebut.

8.4   ANTISIPASI RESIKO USAHA

  • Untuk pencegahan naik turunnya harga barang pokok kami bekerja sama dengan agen di pasar Flamboyan dalam memasok keperluan untuk usaha kami, jika pun barang-barang tersebut naik, karena kita sudah berlanggan, kenaikan bisa diminimalisir.


LAMPIRAN

A.    ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

STRENGTH (KEKUATAN): sebutkan asset atau hal yang paling berharga dalam organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PRODUK
    Harga jual
    Mutu produk
    Perlengkapan (feature) tambahan
    Pengemasan
Untuk Harga jual kami menyesuaikan dengan model yg dipesan,dan sangat terjangkau. Kwalitas pasti terjamin, serta kami bingkis dengan bungkusan dan hiasan yang cantik.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
Untuk mempromosikan usaha lilin kami, kami melakukan penyebaran brosur .
3.        PELAYANAN PELANGGAN
    Keramahan pelayanan
Untuk keramahan tetap akan kami terapkan mulai dari pemesanan sampai produk yang telah dipesankan sampai ke tujuan pelanggan.
4.        ORGANISASI DAN SD
    Tingkat keahlian khusus


    Tingkat pendidikan
    Pengalaman kerja
    Jumlah tenaga kerja
Untuk tingkat keahlian, seperti perancang  sangat diperlukan agar tercipta suatu menu terbaru,
Karena usaha kami belumlah sebesar perusahaan, maka tingkat pendidikan yg tinggi belumlah menjadi patokan bagi kami,karena kami lebih memerlukan skill khusus untuk usaha kami.
Begitu juga untuk pengalaman sama seperti keahlian diatas juga dibutuhkan bagi usaha kami.
Untuk jumlah tenaga  kerja kami belum membutuhkan tenaga yang cukup besar ,karena usaha kami belumlah terlalu besar.

5.        SISTEM MANAJEMEN
    Sistem pembukuan (akuntansi)
    Sistem administrasi
Disini kami menggunakan tenaga Accounting untuk menghitung dana keluar dan masuk untuk kelancaran produksi kami.
Tenaga accounting disini juga merangkap sebgai juru bayar untuk penggajian karyawan, dll.
6.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Kemampuan pemenuhan order
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Karena usaha kami ini dimulai melalui pemesanan, maka kapasitas produksi disesuaikan dengan jumlah pemesanan tersebut, dan dari situ bisa dilihat berapa besar biaya untuk memproduksi suatu model serta jumlahnya.
Untuk kemampuan orderan kami terima berapapun asal telah disepakati jauh-jauh hari.
Untuk penanganan limbah produksi kami, kami telah membayar pengambil sampah khusus yg datang setiap hari mulai pukul 06.00 wib.
7.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi modern
Untuk teknologi kami menggunakan internet untuk melihat model-model atau bentuk lilin  terbaru, serta cara pengembangan usaha kami.

WEAKNESS (KELEMAHAN): sebutkan permasalahan utama yang timbul di dalam organisasi / perusahaan anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PRODUK
    Harga jual
Untuk harga, kami sesuaikan dengan model dan aroma yang dipesan, berapa banyak yang dipesan. Tapi terkadang berubah-ubah , karena bahan pokok tersebut kadang kadang mengalami peningkatan serta penurunan, tapi sebelum hal itu terjadi, sejak awal awal sudah kami beritahukan kepada pelanggan kami.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
    Tenaga sales
Untuk promosi sering terkandala pada saat penyebaran brosur karena terkadang orang hanya membacanya sekilas setelah itu membuangnya.
Tenaga order yang menyebarkan brosur terkadang tidak menyebarkan sampai ke tempat-tempat terpencil, hanya di tempat keramaian saja,
3.        ORGANISASI DAN SDM

Untuk tenaga kerja kami masih mencari sebagai perancang, karena pada saat ini perancang kami kurang.
4.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Karena harga bahan pokok yang terkadang naik dan turun membuat perencanaan produksi kami macet. serta biaya yang direncanakan demikian terpaksa harus ditambah untuk menutupi kekurangan tersebut .
Untuk penangganan limbah terkadang pengambil sampah datangnya telat, membuat sampah produksi meluber ke jalan serta menimbulkan bau tak sedap dan pemandangan yang kurang enak.


OPPORTUNITIES (PELUANG): sebutkan kesempatan atau peluang yang datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis
Pada saat ini usaha lilin hias di Pontianak belumlah terlalu menjamur, peluang usaha masih besar asal mau dikerjakan dengan kesabaran dan keuletan.
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Tingkat suku bunga kredit
Sampai saat ini  kami menjalin kerjasama dengan Bank Kalbar sebagai mitra usaha .
Untuk tingkat suku bunga kredit juga tidak terlalu tinggi.
3.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
Untuk toko-toko dipontianak cukup merespon usaha kami ini, Karena kami ingin menjadi yang utama  dalam Usaha ini, dan dikenal oleh para  konsumen.
4.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi

Karena semakin canggih teknologi sekarang, maka untuk mempercepat produksi kami, kami membeli peralatan seperti mesin-mesin yang canggih untuk mempercepat pemprosesan produksi.
5.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
Pencarian tenaga yang sesuai kebutuhan masih tetap kami butuhkan sampai sekarang, tapi tidak terlalu banyak, melihat usaha kami yang baru mulai berkembang ini.
6.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Ketersediaan bahan baku
Untuk bahan baku, kami usahakan yang masih bagus dan masih layak digunakan dan bisa diproses disesuaikan kebutuhan pelanggan.
7.        MASYARAKAT SEKITAR
    Sikap masyarakat terhadap produk
Masyarakat merespon baik usaha kami ini, karena tidak membuat keributan, pencemaran udara,serta limbah.

THREATS (HAMBATAN): sebutkan ancaman atau hambatan yang datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis

Makin banyaknya macam-macam souvenir sehingga membuat orang tidak terlalu bingung memilih untuk acara-acara mereka.
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Tingkat suku bunga kredit
Untuk pencairan dana permodalan usaha cukup lama, terkadang kami harus meminjam dulu kepada keluarga.
Tingkat suku bunga yang kadang berubah-ubah membuat kami bingung, walaupun masih dibatas kewajaran.
3.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
Karena tidak semua masyarakat mengetahui usaha kami ini. Maka dalam hal ini kami lebih giat dalam mempromosikan usaha kami.
4.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi

Untuk mempercepat proses produkasi memerlukan peralatan yang canggih, tapi barang tersebut tidak semua ada dipontianak, selebihnya dipesan dulu dan harganya cukup mahal.
5.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan

Dalam mencari tenaga kerja sesuai kebutuhan tidaklah sulit, tapi jika pengalaman kurang membuat sedikit hambatan bagi usaha kami.
6.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Fluktuasi harga bahan baku
    Ketersediaan bahan baku
Untuk bahan baku seperti parafin, stearin, pewarna, dan pewangi bisa di simpan dalam jangka waktu lama karena tahan lama dan aman .
7.        MASYARAKAT SEKITAR
    Sikap masyarakat terhadap produk
Belum terlalu mengetahui secara pasti usaha kami dikarenakan kurang info mengenai usaha ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar