Jumat, 13 Januari 2012

proposal catering cheese and chocolate cassava


Rencana Bisnis
CATERING CHEESE AND CHOCOLATE CASSAVA
MAKANAN SIAP SAJI PESAN ANTAR





Pontianak, 20 Desember 2011



Disusun oleh:
Mega Yuniati
PEMILIK USAHA




JL. SELAYAR GG MUFAKAT NO.27
No. Telepon 085252097387

DAFTAR HALAMAN



         3.4    PROYEKSI PENJUALAN………………………………………………………...8
4.4    RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI…………………………………..12
7.2    RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI………………………………………..15
7.3    RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN............................................................ 16
B.    PETA LOKASI……………………………………………………………………23
C     FOTO PRODUK…………………………………………………………………..24
 

1.   RINGKASAN EKSEKUTIF

“CATERING CHEESE AND CHOCOLATE CASSAVA” MERUPAKAN USAHA DALAM BIDANG MAKANAN SIAP ANTAR. MAKANAN YANG DIMAKSUD ADALAH MAKANAN DENGAN BAHAN BAKUNYA SINGKONG.RENCANA PENGEMBANGAN UNTUK USAHA KAMI, KAMI AKAN MENINGKATAN PENJUALAN DENGAN MENU-MENU TERBARU YG LEBIH FRESH LAGI. UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KAMI TERSEBUT KAMI BERENCANA MEMBUTUHKAN DANA HAMPIR  RP 500 RIBU LEBIH  DENGAN JANGKA WAKTU 1-2 BULAN, SERTA DENGAN ANGUNAN YANG TELAH DISEPAKATI  BERSAMA.


2.   LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1   DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Usaha
CATERING CHESSE AND CHOCOLATE CASSAVA

2.         Bidang Usaha
MAKANAN SIAP ANTAR

3.         Jenis Produk
MAKANAN

4.         Alamat Perusahaan
JL.SELAYAR GG MUFAKAT NO 27

5.         Nomor Telepon/Fax
085252097387



6.         Bank Usaha
BANK KALBAR PONTIANAK

7.         Bentuk Badan Hukum
-

8.         Nomor Akte Pendirian
-

9.         N P W P
-

10.     Mulai Berdiri
2011


2.2   BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
MEGA YUNIATI

2.         Jabatan
PEMILIK USAHA

3.         Tempat dan Tanggal Lahir
SEBATIH, 10 JUNI 1992

4.         Alamat Rumah
JL. SELAYAR GG MUFAKAT NO 27

5.         Nomor Telepon
085252097387

6.         Nomor Fax
-

7.         Alamat E-mail
Megayuniati@yahoo.com

8.         Pendidikan Terakhir
SMA St. BENEDIKTUS

9.         Pengalaman Kerja
GURU PRIVAT

2.3   STRUKTUR ORGANISASI

                                                     MEGA YUNIATI
                                                            PEMILIK
  1. MILIANI
  2. SRI WAHYUNI
DISTRIBUSI
DESI NATALINA
ACOUNTING
 


  1. SISILIA NOFRIYANTI
  2. AMELIA FRANSISKA
JURU MASAK







2.4   SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM


3.   ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

1. CHEESE CASSAVA
2. CHOCOLATE CASSAVA
3. CHEESE AND CHOCOLATE CASSAVA
Produk yang kami buat tergantung dari pesanan para pelanggan



KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

1.         AMAN TANPA BAHAN PENGAWET
2.         SEGAR DAN FRESH
3.         HALAL

3.2   GAMBARAN PASAR

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

    PERSONAL SELLING
Pemasaran produk kami melalui iklan di internet dengan memberikan harga yang terjangkau dan dapat di antar bagi yang tidak sempat.

    BROSUR
Kami juga menyebarkan dengan menggunakan brosur, dan membagikan kerumah pelanggan-pelanggan kami pada saat mengantar produk catering kami. Hasilnya banyak pelanggan baru yang mengetahui melalui brosur yg disebarkan juga oleh pelanggan tetap kami.


    ADVERTISING / IKLAN
Kami juga menggunakan iklan di koran terkenal di Pontianak untuk memasarkan usaha kami.

3.3   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

Pembeli atau pelanggan kami kebanyakan dari orang yang tidak sempat memasak dirumahnya, seperti para pekerja kantor, baik wanita maupun pria, Atau para Ibu-ibu yang tidak sempat memasak dikarenakan pekerjaannya. Serta ada pula dari kalangan mahasiswa yang menyukai singkong keju dan coklat.


3.4   PROYEKSI PENJUALAN

Dari tahun ke tahun usaha kami mengalami peningkatan drastis, serta banyaknya dukungan moril dan materil dari keluarga dan teman-teman agar usaha kami tetap berlanjut.


3.5   STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
Tiap hari kami akan melakukan pembaharuan menu-menu terbaru sesuai dengan permintaan pelanggan untuk usaha kami, agar pelanggan tidak bosan dengan menu itu-itu saja. Dan tidak meninggalkan menu-menu yang sudah ada.

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Untuk sementara kami hanya memasarkan di kawasan Pontianak kota, karena terkendala jarak dan SDM untuk mengantar produk kami. Untuk selanjutnya Kami akan segera mengembangkan usaha kami untuk wilayah  sekitar Pontianak.


    KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan penyebaran Brosur-brosur oleh para salesman kami, menawarkan harga diskon untuk pelanggan baru. Serta kami juga mempromosikan usaha kami lewat media internet.


    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami tetap akan melakukan perubahan menu-menu terbaru, agar para pelanggan tidak bosan dengan menu  yang itu itu saja.Serta menetapkan harga yang sesuai dengan menu yang kami sajikan.

3.6   ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
BAKERY
1.         KEBERSIHAN TERJAMIN
2.         FASILITAS LENGKAP
1.         MAHAL
                                                                                                                        

3.7   SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1.     Wilayah Pemasaran
     Lokal …………100%

2.     Jalur Distribusi
     Individu


3.     Alamat  Penjualan (Pemilik Usaha)
JL. SELAYAR GG MUFAKAT NO.27



4.   ANALISIS PRODUKSI

4.1   PROSES PRODUKSI

PROSES PRODUKSI
TEKNOLOGI
PEMOTONGAN
Tradisional
PEMBUMBUAN
Tradisional
PENGOLAHAN


KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

1.         Lebih Higienis
2.         Terjamin Kebersihannya

4.2   BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
SINGKONG
10 KG
PASAR KEMUNING
KEJU
5 BATANG
MITRA MART
COKLAT
5 GELAS
MITRA MART

BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
MINYAK GORENG
10 KG
PASAR KEMUNING
MINYAK TANAH
5 LITER
PASAR KEMUNING
TABUNG GAS
2 TABUNG
MITRA MART
MASAKO
1 BUNGKUS
MITRA MART

4.3   KAPASITAS PRODUKSI

FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI


4.4   RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.         ADVERTISING USAHA MELALUI BROSUR, IKLAN KORAN, RADIO
2.         PENAMBAHAN MENU-MENU TERBARU
3.         PENGEMBANGAN WILAYAH PASAR



5.   ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)

5.1   ANALISIS KOMPETENSI SDM

    

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.         UNTUK BAG.ACOUNTING MEMILIKI KEAHLIAN KOMPUTER
2.         JURU MASAK YANG HANDAL
3.         BAG.PEMASARAN YANG CEKATAN

5.2   ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
SURVEYOR
SMA
-
Mengetahui Area Seluruh Pontianak
GUDANG
SMA
-
Merincikan Input dan Output barang yg digunakan untuk proses produksi
SALES
SMA
-
Untuk menyebarkan brosur di seluruh Area Pontianak

5.3   RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Direkrut
JURU MASAK
5
2
3
BAGIAN PEMASARAN
4
2
2
JUMLAH
9
4
5


6.   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

    STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami melalui mulut kemulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak maka kami memulai dengan penyebaran brosur ke rumah-rumah. Setelah usaha kami berkembang sedikit demi sedikit, saya memberanikan diri dengan melakukan pemasaran lewat radio serta di Koran Koran terkemuka di Pontianak.


    STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya melakukan pencatatan menu-menu yang pelanggan saya pesan, memulai proses pembelanjaan bahan-bahan. Setelah Barang tersebut dibeli,juru masak kami segera melakukan tugasnya yaitu memulai dengan proses pemotongan bahan baku yaitu singkong. Setelah selesai pemotongan bahan baku , maka  juru masak memasak singkong sesuai pesanan pelangan. setelah  selesai dimasak singkong ditaburi keju ataupun coklat sesuai pesanan. Proses pengolahan dilakukan setelah proses pemotongan, dan pencucian.

    STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
_     1 Orang Manajer Yang menghandle pemesanan menu para pelanggan, belanja ,dan memantau hasil kerja karyawan
Juru masak terdiri dari 2 orang yang memasak singkong pesanan pelanggan.
1 Orang bagian memotongan bahan baku
1 Orang bagian memarut keju atau coklat
2 Orang Bagian memotong bahan baku  atau memarut juga bertugas untuk memasak singkong.
-           Pemasaran (Pengantar Produk) 2 Orang
-           Acounting  1 Orang, untuk pembayaran gaji,dan pengeluaran lainya.

    STRATEGI KEUANGAN
Modal yang kami punya langsung dibagi untuk keperluan bahan baku, penolong, dan pengeluaran lainnya seperti pembayaran air,listrik, serta pembayaran gaji untuk para karyawan.

6.2   TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Pemasaran Usaha

Penambahan karyawan











Pembelian Alat-alat produksi agar mempercepat proses pengolahan



























7.   ANALISIS KEUANGAN

7.1   LAPORAN KEUANGAN


LAPORAN ARUS KAS
CATERING CASSAVA
TAHUN 2011



7.2    RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI




7.3   RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN

TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
RP  4.000.0000


TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
RP  600.000

TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
RP 4.600.000


7.4   RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN

JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)
 2 TAHUN

MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
 TIAP DESEMBER

 

7.5   AGUNAN YANG DIMILIKI

1.         Jenis Agunan
MOTOR

2.         Spesifikasi dan Keterangan Lain-Lain
MOTOR MIO SOUL HITAM

3.         Aspek Legalitas
STNK DAN BPKB ADA

4.         Nilai Agunan
14  JUTA


8.   ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1   DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

  • Usaha lebih dikenal oleh masyarakat sekitar tempat tinggal
  • Jika pesanan lebih banyak biasanya kami meminta tetangga sekitar untuk membantu.


8.2   DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN

  • Sampah bekas pengolahan menumpuk, jika pengakut sampah tidak datang tepat waktu
Membuat masyarakat sekitar terganggu akan bau sampah yang dikeluarkan.


8.3   ANALISIS RESIKO USAHA

  • Biasanya yang menjadi kendala yaitu bahan baku / bahan pokok dalam pembuatan produk seperti singkong, keju dan coklat yang kadang-kadang naik tanpa sepengetahuan, membuat modal yang telah direncanakan seperti biasa harus bertambah karena kenaikan tersebut.

8.4   ANTISIPASI RESIKO USAHA

  • Untuk pencegahan naik turunnya harga barang pokok kami bekerja sama dengan agen di pasar Kemuning dalam memasok keperluan untuk usaha kami, jika pun barang-barang tersebut naik, karena kita sudah berlanggan, kenaikan bisa diminimalisir.


LAMPIRAN

A.    ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

STRENGTH (KEKUATAN):
1.        PRODUK
    Harga jual
    Mutu produk
    Perlengkapan (feature) tambahan
    Pengemasan
Untuk Harga jual kami menyesuaikan dengan menu yg dipesan,dan sangat terjangkau. Kwalitas pasti terjamin kehegienisannya..
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
Untuk mempromosikan usaha catering kami,kami melakukan penyebaran brosur .
3.        PELAYANAN PELANGGAN
    Keramahan pelayanan
Untuk keramahan tetap akan kami terapkan mulai dari pemesanan sampai produk yang telah dipesankan sampai ke tujuan pelanggan.
4.        ORGANISASI DAN SD
    Tingkat keahlian khusus


    Tingkat pendidikan
    Pengalaman kerja
    Jumlah tenaga kerja
Untuk tingkat keahlian, seperti juru masak  sangat diperlukan agar tercipta suatu menu terbaru,
Karena usaha kami belumlah sebesar perusahaan, maka tingkat pendidikan yang tinggi belumlah menjadi patokan bagi kami,karena kami lebih memerlukan skill khusus untuk usaha kami.
Begitu juga untuk pengalaman sama seperti keahlian diatas juga dibutuhkan bagi usaha kami.
Untuk jumlah tenaga  kerja kami belum membutuhkan tenaga yang cukup besar ,karena usaha kami belumlah terlalu besar.

5.        SISTEM MANAJEMEN
    Sistem pembukuan (akuntansi)
    Sistem administrasi
Disini kami menggunakan tenaga Accounting untuk menghitung dana keluar dan masuk untuk kelancaran produksi kami.
Tenaga accounting disini juga merangkap sebagai juru bayar untuk penggajian karyawan, dll.
6.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Kemampuan pemenuhan order
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Karena usaha kami ini dimulai melalui pemesanan, maka kapasitas produksi disesuaikan dengan jumlah pemesanan tersebut, dan dari situ bisa dilihat berapa besar biaya untuk memproduksi suatu menu serta jumlahnya.
Untuk kemampuan orderan kami terima berapapun asal telah disepakati jauh-jauh hari.
Untuk penangganan limbah produksi kami, kami telah membayar pengambil sampah khusus yang datang setiap hari mulai pukul 06.00 wib.
7.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi modern
Untuk teknologi kami menggunakan internet untuk melihat menu-menu terbaru, serta cara pengembangan usaha kami.

WEAKNESS (KELEMAHAN)
1.        PRODUK
    Harga jual
Untuk harga, kami sesuaikan dengan menu yang dipesan,berapa banyak yang dipesan. Tapi terkadang berubah-ubah , karena bahan pokok tersebut kadang kadang mengalami peningkatan serta penurunan, tapi sebelum hal itu terjadi, sejak awal awal sudah kami beritahukan kepada pelanggan kami.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
    Tenaga sales
Untuk promosi sering terkandala pada saat penyebaran brosur karena terkadang orang hanya membacanya sekilas setelah itu membuangnya.
Tenaga sales yang menyebarkan brosur terkadang tidak menyebarkan sampai ke tempat-tempat terpencil, hanya di tempat keramaian saja,
3.        ORGANISASI DAN SDM

Untuk tenaga kerja kami masih mencari sebagai juru masak dan accounting, karena pada saat ini juru masak  dan accounting kami kurang.
4.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Karena harga bahan pokok yang terkadang naik dan turun membuat perencanaan produksi kami macet. serta biaya yang direncanakan demikian terpaksa harus ditambah untuk menutupi kekurangan tersebut .
Untuk penangganan limbah terkadang pengambil sampah datangnya telat, menimbulkan bau tak sedap dan pemandangn yang kurang enak.


OPPORTUNITIES (PELUANG)
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis
Pada saat ini usaha catering di Pontianak belumlah terlalu menjamur, peluang usaha masih besar asal mau dikerjakan dengan kesabaran dan keuletan.
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Tingkat suku bunga kredit
Sampai saat ini  kami menjalin kerjasama dengan Bank Kalbar sebagai mitra usaha .
Untuk tingakt suku bunga kredit juga tidak terlalu tinggi.
3.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
Untuk pangsa pasar dipontianak cukup merespon usaha kami ini, Karena kami ingin menjadi yang utama dalam Usaha ini, dan dikenal oleh para konsumen.
4.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi

Karena semakin canggih teknologi sekarang, maka untuk mempercepat produksi kami, kami membeli laptop untuk mempermudah dalam perencanaan produk kami.
5.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
Pencarian tenaga yang sesuai kebutuhan masih tetap kami butuhkan sampai sekarang, tapi tidak terlalu banyak, melihat usaha kami yang baru mulai berkembang ini.
6.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Ketersediaan bahan baku
Untuk bahan baku, kami usahakan yang masih segar dan langsung diproses disesuaikan kebutuhan pelanggan, Jadi tidak terjadi kemubaziran dalam pembuatan menu.
7.        MASYARAKAT SEKITAR
    Sikap masyarakat terhadap produk
Masyarakat merespon baik usaha kami ini, karena tidak membuat keributan, pencemaran udara,.

THREATS (HAMBATAN)
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis

Makin banyaknya toko kue yang murah sehingga membuat orang tidak mau terlalu repot.
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Tingkat suku bunga kredit
Untuk pencairan dana permodalan usaha cukup lama, terkadang kami harus meminjam dulu kepada keluarga.
Tingkat suku bunga yang kadang berubah-ubah membuat kami bingung, walaupun masih dibatas kewajaran.
3.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
Karena tidak semua masyarakat mengetahui usaha kami ini. Maka dalam hal ini kami lebih giat dalam mempromosikan usaha kami.
4.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi

Untuk mempercepat proses produkasi memerlukan peralatan yang canggih, tapi barang tersebut tidak semua ada dipontianak, selebihnya dipesan dulu dan harganya cukup mahal.
5.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan

Dalam mencari tenaga kerja sesuai kebutuhan tidaklah sulit, tapi jika pengalaman kurang membuat sedikit hambatan bagi usaha kami.
6.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Fluktuasi harga bahan baku
    Ketersediaan bahan baku
Untuk bahan baku seperti singkong tidak dapat tahan lama jika tidak ada pesanan akan membuat singkong menjadi rusak dan tidak dapat dipakai lagi.
7.        MASYARAKAT SEKITAR
    Sikap masyarakat terhadap produk
Belum terlalu mengetahui secara pasti usaha kami dikarenakan kurang info mengenai usaha ini.

 

1 komentar:

  1. hai kak...ada beberapa yang tidak bisa dibaca...boleh minta soft filenya ?

    BalasHapus