Rencana Bisnis
CATERING CERIA
|
MAKANAN SIAP
SAJI PESAN ANTAR
Pontianak, 20 Oktober 2011
disusun
oleh:
EMA
PURWANTY
PEMILIK
USAHA
JL.
HUSIEN HAMZAH GG.PALMASARI
No.
Telepon 085245848754
DAFTAR HALAMAN
3.4 PROYEKSI
PENJUALAN………………………………………………………...8
4.4 RENCANA PENGEMBANGAN
PRODUKSI…………………………………..12
7.2 RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI………………………………………..18
7.3 RENCANA ARUS KAS (KAS
FLOW)………………………………………….19
B. PETA LOKASI……………………………………………………………………28
C FOTO PRODUK…………………………………………………………………..29
1. RINGKASAN EKSEKUTIF
“CATERING CERIA” MERUPAKAN USAHA DALAM
BIDANG MAKANAN SIAP ANTAR DENGAN PENJUALAN TAHUN 2010 TADI MENCAPAI
RP.109.000.000.
NILAI KEKAYAAN PERUSAHAAN TERKHIR HAMPIR
MENDEKATI RP. 100.000.000.
RENCANA PENGEMBANGAN UNTUK USAHA KAMI,
KAMI AKAN MENINGKATAN PENJUALAN DENGAN MENU-MENU TERBARU YG LEBIH FRESH LAGI.
UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KAMI TERSEBUT KAMI BERENCANA MEMBUTUHKAN DANA
HAMPIR RP.100 JUTA LEBIH DENGAN JANGKA WAKTU 15-20 TAHUN, SERTA
DENGAN ANGUNAN YANG TELAH DISEPAKATI
BERSAMA.
|
2. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
2.1 DATA PERUSAHAAN
1.
Nama Usaha
|
PERCETAKAN DAN SABLON
|
2.
Bidang Usaha
|
|
3.
Jenis Produk
|
PAKAIAN
|
4.
Alamat Perusahaan
|
JL.PROFESOR GG.MORODADI
A
|
5.
Nomor Telepon/Fax
|
0561 - 76543
|
6.
Bank Usaha
|
BANK KALBAR PONTIANAK
|
7.
Bentuk Badan Hukum
|
-
|
8.
Nomor Akte Pendirian
|
-
|
9.
N P W P
|
-
|
10.
Mulai Berdiri
|
2009
|
2.2 BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.
Nama
|
WILDAN
|
2.
Jabatan
|
PEMILIK USAHA
|
3.
Tempat dan Tanggal Lahir
|
PONTIANAK, 10 MARET 1989
|
4.
Alamat Rumah
|
JL. PROFESOR M YAMIN GG MORODADI A
|
5.
Nomor Telepon
|
089693491821
|
6.
Nomor Fax
|
-
|
7.
Alamat E-mail
|
-
|
8.
Pendidikan Terakhir
|
SMA NEGRI 6 PONTIANAK
|
9.
Pengalaman Kerja
|
PEGAWAI
SWASTA
|
2.3 STRUKTUR ORGANISASI
WILDAN
PEMILIK
2.4 SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM
3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN
1.KAOS
2.JAKET
3.STIKER
4.BAJU LABOROTORIUM
Produk yang kami buat tergantung dari
pesanan para pelanggan
|
KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
1.
PRODUK
DENGAN KUALITAS TERJAMIN
2.
HARGA YANG
CUKUP TERJANGKAU DAN
3.
PENGERJAAN PRODUK
DENGAN WAKTU YANG CUKUP CEPAT
|
3.2 GAMBARAN PASAR
DATA NILAI PENJUALAN (3 – 5 TAHUN TERAKHIR)
Mada tahun ke-2 dan ke-4Terkendala oleh
bahan pokok yang naik secara drastis, seperti harga cabai yang meningkat
tajam, serta harga sayuran sayuran pada waktu itu sulit di peroleh.
|
KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN
PERSONAL SELLING
Pemasarn produk kami melalui dari mulut ke mulut, mulai dari
tetangga, keluarga dengan memberikan harga yang terjangkau dan dapat di antar
bagi yang tidak sempat. Dan hasilnya lebih cepat dari yang kami duga, banyak
yg mengetahui dan mempercepat proses pemasaran usaha kami..............................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
BROSUR
Kami juga menyebarkan dengan menggunakan brosur, dan membagikan
kerumah pelanggan pelanggan kami pada saat mengantar produk percetakan dan penyablonan............................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
ADVERTISING / IKLAN
Kami juga menggunakan iklan di Koran terkenal di Pontianak untuk
memasarkan usaha kami
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
3.3 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA
Pem beli atau pelanggan kami kebanyakan
dari orang yang tidak sempat memasak dirumahnya, seperti para pekerja kantor,
baik wanita maupun pria, Atau para Ibu ibu yg tidak sempat memasak
dikarenakan pekerjaannya.Serta ada pula dari kalangan mahasiswa.
|
3.4 PROYEKSI PENJUALAN
Da ri tahun ke tahun usaha kami mengalami
peningkatan drastis, serta banyaknya dukungan moril dari keluarga agar usaha
kami tetap berlanjut.
|
3.5 STRATEGI PEMASARAN
PENGEMBANGAN PRODUK
Tiap hari kami akan melakukan pembaharuan menu-menu terbaru untuk
usaha kami, agar pelanggan tidak bosan dengan menu itu-itu saja.Dan tidak
meninggalkan menu-menu yang sudah ada.......
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
PENGEMBANGAN WILAYAH
PEMASARAN
Untuk sementara kami hanya memasarkan di kawasan Pontianak kota,
Pontianak Barat, karna terkendala jarak dan SDM untuk mengantar produk
kami..Untuk selanjutnya Kami akan seger mengembangkan usaha kami untuk
wilayah Pontianak utara, Pontianak selatan dan timur.......................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan penyebaran Brosur-brosur oleh para salesman
kami,menawarkan harga diskon untuk pelanggan baru.Serta kami juga
mempromosikan usaha kami lewat surat kabar dan radio setempat.
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami tetap akan melakukan perubahan menu menu terbaru, agar para
pelanggan bosan dengan menu yang itu itu saja.Serta menetapkan harga yang
sesuai dengan menu yang kami sajikan.....................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
3.6 ANALISIS PESAING
PESAING
|
KEUNGGULAN
|
KELEMAHAN
|
RUMAH MAKAN SIAP SAJI
|
1.
LEBIH CEPAT MENYAJIKAN PRODUK
2.
MURAH
|
1.
KEAMANAN MERAGUKAN
2.
KEBERSIHAN BELUM TERJAMIN
|
FAST FOOD
|
1.
KEBERSIHAN TERJAMIN
2.
FASILITAS LENGKAP
|
1.
MAHAL
2.
MENGGUNAKAN PENGAWET
|
3.7 SALURAN DISTRIBUSI
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
1. Wilayah Pemasaran
|
√ Lokal ..................... 100. %
|
2. Jalur Distribusi
|
√ Individu
|
|
3. Alamat Penjualan (Pemilik Usaha)
|
JL. HUSEIN HAMZAH GG.PALMASARI III
|
4. ANALISIS PRODUKSI
4.1 PROSES PRODUKSI
PROSES
PRODUKSI
|
TEKNOLOGI
|
PEMOTONGAN
|
Tradisional
|
PEMBUMBUAN
|
Tradisional
|
PENGOLAHAN
|
KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI
1.
Lebih Higienis
2.
Terjamin Kebersihannya
|
4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA
BAHAN BAKU |
KEBUTUHAN
RATA-RATA
PER BULAN
|
SUMBER
|
AYAM
|
20 KG
|
PASAR FLAMBOYAN
|
DAGING
|
5 KG
|
PASAR FLAMBOYAN
|
IKAN
|
10 KG
|
PASAR FLAMBOYAN
|
TELUR
|
300 BUTIR
|
PASAR FLAMBOYAN
|
BERAS
|
50 KG
|
PASAR FLAMBOYAN
|
BAHAN PENOLONG |
KEBUTUHAN
RATA-RATA
PER BULAN
|
SUMBER
|
CABAI,BAWANG
|
30 KG
|
PASAR FLAMBOYAN
|
BUMBU DAPUR
|
10 KG
|
PASAR FLAMBOYAN
|
SAYURAN
|
5 KG
|
PASAR FLAMBOYAN
|
4.3 KAPASITAS PRODUKSI
FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI
*) tanah, bangunan, mesin dan
peralatan produksi
4.4 RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
1.
ADVERTISING
USAHA MELALUI BROSUR, IKLAN KORAN, RADIO
2.
PENAMBAHAN
MENU-MENU TERBARU
3.
PENGEMBANGAN
WILAYAH PASAR
|
5. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)
5.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM
KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN
1.
UNTUK BAG.ACOUNTING MEMILIKI
KEAHLIAN KOMPUTER
2.
JURU MASAK YANG HANDAL
3.
BAG.PEMASARAN YANG CEKATAN
|
5.2 ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN |
Tingkat
Pendidikan
|
Pengalaman
(tahun)
|
Keterampilan
Khusus
|
SURVEYOR
|
SMA
|
-
|
Mengetahui Area Seluruh Pontianak
|
GUDANG
|
SMA
|
-
|
Merincikan Input dan Output barang yg
digunakan untuk proses produksi
|
SALES
|
SMA
|
-
|
Untuk menyebarkan brosur di seluruh Area
Pontianak
|
5.3 RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN |
Jumlah
Kebutuhan
|
Tenaga
yang Tersedia
|
Tenaga
yang Harus Direkrut
|
JURU MASAK
|
12
|
9
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
6.1 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami
melalui mulit kemulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak
maka kami memulai dengan penyebaran brosur ke rumah rumah makan,dilampu merah
serta kerumah rumah penduduk.
Setelah Usaha kami berkembang sedikit demi sedikit, saya
memberanikan diri dengan melakukan pemasaran lewat radio serta di Koran Koran
terkemuka di pontianak...................................................
...............................................................................................................................................
|
STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya melakukan pencatatan menu-menu yang pelanggan
saya pesan, memulai proses pembelanjaan bahan-bahan. Setelah Brang tersebut
dibeli,juru masak kami segera melakukan tugasnya yaitu memulai dengan proses
pemotongan bahan baku seperti ayam, daging, ikan, pencucian beras serta
memasaknya. Menunggu pemotongan bahan baku selesai, maka ada juru yg bertugas
membuat bumbu dan proses pengolahan dilakukan setelah proses pemotongan serta
pencucian dan pembumbuan selesai.
...............................................................................................................................................
|
STRATEGI ORGANISASI DAN
SDM
_ 1 Orang Manajer Yang
menghandle pemesanan menu para pelanggan, belanja ,dan memantau hasil kerja
karyawan
Juru masak terdiri dari 9 orang,.............................................................................................
3 Orang bagian memotongan bahan baku
2 Orang bagian Pembumbuan
4 Orang Bagian Juru masak...................................................................................................
-
Pemasaran (Pengantar Produk)
9 Orang
-
Acounting 1 Orang, untuk pembayaran gaji,dan
pengeluaran lainya.
|
STRATEGI KEUANGAN
Modal yg kami punya langsung dibagi untuk keperluan bahan
baku,penolong, pengeluaran lainnya seperti pembayaran air,listrik, serta
pembayaran gaji untuk para karyawan......................................
...............................................................................................................................................
|
6.2 TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
KEGIATAN |
bulan
ke -
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
Pemasaran Usaha
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Penambahan karyawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
Pembelian Alat-alat produksi agar
mempercepat proses pengolahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. ANALISIS KEUANGAN
7.1 LAPORAN KEUANGAN
7.2 RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI
1
KETERANGAN:
Nilai
Penerimaan tahun pertama (2001) sama dengan jumlah Penerimaan per bulan untuk
tahun pertama (2001), begitu pula dengan nilai pengeluaran. Saldo kas awal
tahun pertama (2001) adalah saldo kas awal bulan pertama.
7.4 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN
TOTAL NILAI
KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
|
RP.180.000.0000
|
TOTAL
NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
|
RP.
35.000.000
|
TOTAL NILAI
KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
|
RP. 145.000.000
|
7.5 RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN
JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)
|
15 TAHUN
|
*) sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel
RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
|
TIAP DESEMBER
|
*) sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel
RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
7.6 AGUNAN YANG DIMILIKI
1.
Jenis Agunan
|
TANAH
|
2.
Spesifikasi
dan Keterangan Lain-Lain
|
TANAH 1 HEKTAR
|
3.
Aspek Legalitas
|
AKTA TANAH ADA
|
4.
Nilai Agunan
|
2 MILYAR
|
8. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
8.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
|
8.2 DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN
Membuat masyarakat sekitar terganggu akan bau sampah yang dikeluarkan.
|
8.3 ANALISIS RESIKO USAHA
|
8.4 ANTISIPASI RESIKO USAHA
|
LAMPIRAN
A. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS
STRENGTH
(KEKUATAN): sebutkan asset atau hal yang paling
berharga dalam organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
|
|
1.
PRODUK
Harga jual
Mutu produk
Perlengkapan (feature)
tambahan
Pengemasan
|
Untuk Harga jual kami menyesuaikan dengan
menu yg dipesan,dan sangat terjangkau. Kwalitas pasti terjamin kehegienisannya,serta
kami meminjamkan tempat makan seperti Rantang,piring,serta sendok.Dan sesuai
dengan waktu yg ditentukan kami akan mengambil kembali tempat tersebut.
|
2.
FUNGSI PEMASARAN
Promosi dan iklan
|
Untuk mempromosikan usaha catering
kami,kami melakukan penyebaran brosur .
|
3.
PELAYANAN PELANGGAN
Keramahan pelayanan
|
Untuk keramahan tetap akan kami terapkan
mulai dari pemesanan sampai produk yang telah dipesankan sampai ke tujuan
pelanggan.
|
4.
ORGANISASI DAN SD
Tingkat keahlian khusus
Tingkat pendidikan
Pengalaman kerja
Jumlah tenaga kerja
|
Untuk tingkat keahlian, seperti juru
masak sangat diperlukan agar tercipta
suatu menu terbaru,
Karena usaha kami belumlah sebesar
perusahaan, maka tingkat pendidikan yg tinggi belumlah menjadi patokan bagi
kami,karena kami lebih memerlukan skill khusus untuk usaha kami.
Begitu juga untuk pengalaman sama seperti
keahlian diatas juga dibutuhkan bagi usaha kami.
Untuk jumlah tenaga kerja kami belum membutuhkan tenaga yang
cukup besar ,karena usaha kami belumlah terlalu besar.
|
5.
SISTEM MANAJEMEN
Sistem pembukuan
(akuntansi)
Sistem administrasi
|
Disini kami menggunakan tenaga Accounting
untuk menghitung dana keluar danmasuk untuk kelancaran produksi kami.
Tenaga accounting disini juga merangkap
sebgai juru bayar untuk penggajian karyawan, dll.
|
6.
PRODUKSI
Biaya produksi
Perencanaan produksi
Kapasitas produksi
Kemampuan pemenuhan order
Fasilitas produksi
Penanganan limbah produksi
|
Karena usaha kami ini dimulai melalui
pemesanan, maka kapasitas produksi disesuaikan dengan jumlah pemesanan
tersebut, dan dari situ bisa dilihat berapa besar biaya untuk memproduksi
suatu menu serta jumlahnya.
Untuk kemampuan orderan kami terima berapapun
asal telah disepakati jauh-jauh hari.
Untuk penangganan limbah produksi kami,
kami telah membayar pengambil sampah khusus yg datang setiap hari mulai pukul
06.00 wib.
|
7.
TEKNOLOGI
Penggunaan teknologi
modern
|
Untuk teknologi kami menggunakan internet
untuk melihat menu-menu terbaru, serta cara pengembangan usaha kami.
|
WEAKNESS
(KELEMAHAN): sebutkan permasalahan utama yang
timbul di dalam organisasi / perusahaan anda saat ini, berikan komentar
seperlunya.
|
|
1.
PRODUK
Harga jual
|
Untuk harga,kami sesuaikan dengan menu
yang dipesan,berapa banyak yang dipesan. Tapi terkadang berubah-ubah , karena
bahan pokok tersebut kadang kadang mengalami peningkatan serta penurunan,
tapi sebelum hal itu terjadi, sejak awal awal sudah kami beritahukan kepada
pelanggan kami.
|
2.
FUNGSI PEMASARAN
Promosi dan iklan
Tenaga sales
|
Untuk promosi sering terkandala pada saat
penyebaran brosur karena terkadang orang hanya membacanya sekilas setelah itu
membuangnya.
Tenaga sales yang menyebarkan brosur
terkadang tidak menyebarkan sampai ke tempat-tempat terpencil, hanya di
tempat keramaian saja,
|
3.
ORGANISASI DAN SDM
|
Untuk tenaga kerja kami masih mencari
sebagai juru masak, karena pada saat ini juru masak kami kurang.
|
4.
PRODUKSI
Biaya produksi
Perencanaan produksi
Kapasitas produksi
Fasilitas produksi
Penanganan limbah
produksi
|
Karena harga bahan pokok yang terkadang
naik dan turun membuat perencanaan produksi kami macet. serta biaya yang
direncanakan demikian terpaksa harus ditambah untuk menutupi kekurangan
tersebut .
Untuk penangganan limbah terkadang
pengambil sampah datangnya telat, membuat sampah produksi meluber ke jalan
serta menimbulkan bau tak sedap dan pemandangn yang kurang enak.
|
OPPORTUNITIES
(PELUANG): sebutkan kesempatan atau peluang yang
datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda
saat ini, berikan komentar seperlunya.
|
|
1.
PERSAINGAN
Persaingan untuk usaha
sejenis
|
Pada saat ini usaha catering di Pontianak
belumlah terlalu menjamur, peluang usaha masih besar asal mau dikerjakan
dengan kesabaran dan keuletan.
|
2.
PEMODALAN
Hubungan
dengan lembaga keuangan (perbankan)
Tingkat suku bunga kredit
|
Sampai saat ini kami menjalin kerjasama dengan Bank Kalbar
sebagai mitra usaha .
Untuk tingakt suku bunga kredit juga
tidak terlalu tinggi.
|
3.
PELUANG PASAR
Akses dan informasi pasar
Permintaan pasar
Perilaku pasar
|
Untuk pangsa pasar dipontianak cukup
merespon usaha kami ini, Karena kami ingin menjadi yang utama dalam Usaha
ini, dan dikenal oleh para konsumen.
|
4.
KEMAJUAN TEKNOLOGI
Perkembangan teknologi
produksi
|
Karena semakin canggih teknologi
sekarang, maka untuk mempercepat produksi kami, kami membeli peralatan
seperti mesin-mesin yang canggih untuk mempercepat pemprosesan produksi.
|
5.
TENAGA KERJA
Ketersediaan tenaga kerja
sesuai kebutuhan
|
Pencarian tenaga yang sesuai kebutuhan
masih tetap kami butuhkan sampai sekarang, tapi tidak terlalu banyak, melihat
usaha kami yang baru mulai berkembang ini.
|
6.
BAHAN BAKU
Mutu bahan baku
Ketersediaan bahan baku
|
Untuk bahan baku, kami usahakan yang
masih segar dan langsung diproses disesuaikan kebutuhan pelanggan, Jadi tidak
terjadi kemubaziran dalam pembuatan menu.
|
7.
MASYARAKAT SEKITAR
Sikap masyarakat terhadap
produk
|
Masyarakat merespon baik usaha kami ini,
karena tidak membuat keributan, pencemaran udara,.
|
THREATS (HAMBATAN): sebutkan ancaman atau hambatan yang datangnya dari luar
organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda saat ini, berikan
komentar seperlunya.
|
|
1.
PERSAINGAN
Persaingan untuk usaha
sejenis
|
Makin banyaknya rumah makan di tepi jalan
yang harganya lebih murah, serta rumah makan fast food yang membuat orang
tidak mau terlalu repot.
|
2.
PEMODALAN
Hubungan
dengan lembaga keuangan (perbankan)
Tingkat suku bunga kredit
|
Untuk pencairan dana permodalan usaha
cukup lama, terkadang kami harus meminjam dulu kepada keluarga.
Tingkat suku bunga yang kadang
berubah-ubah membuat kami bingung, walaupun masih dibatas kewajaran.
|
3.
PELUANG PASAR
Akses dan informasi pasar
Permintaan pasar
Perilaku pasar
|
Karena tidak semua masyarakat mengetahui
usaha kami ini. Maka dalam hal ini kami lebih giat dalam mempromosikan usaha
kami.
|
4.
KEMAJUAN TEKNOLOGI
Perkembangan teknologi
produksi
|
Untuk mempercepat proses produkasi
memerlukan peralatan yang canggih, tapi barang tersebut tidak semua ada
dipontianak, selebihnya dipesan dulu dan harganya cukup mahal.
|
5.
TENAGA KERJA
Ketersediaan tenaga kerja
sesuai kebutuhan
|
Dalam mencari tenaga kerja sesuai
kebutuhan tidaklah sulit, tapi jika pengalaman kurang membuat sedikit
hambatan bagi usaha kami.
|
6.
BAHAN BAKU
Mutu bahan baku
Fluktuasi harga bahan baku
Ketersediaan bahan baku
|
Untuk bahan baku seperti daging segar
kami langsung memprosesnya, tapi untuk
sayuran tidak semua diproses dan ini membuat sayuran tersebut menjadi layu
dan tidak bisa digunakan lagi.
|
7.
MASYARAKAT SEKITAR
Sikap masyarakat terhadap
produk
|
Belum terlalu mengetahui secara pasti
usaha kami dikarenakan kurang info mengenai usaha ini.
|
hai kak...ada beberapa yang tidak bisa dibaca...boleh minta soft filenya ?
BalasHapus