Jumat, 13 Januari 2012

proposal chatering ceria

           Rencana Bisnis
CATERING CERIA
MAKANAN SIAP SAJI PESAN ANTAR





Pontianak, 20 Oktober 2011



disusun oleh:
EMA PURWANTY
PEMILIK USAHA




JL. HUSIEN HAMZAH GG.PALMASARI
No. Telepon 085245848754

DAFTAR HALAMAN



         3.4    PROYEKSI PENJUALAN………………………………………………………...8
4.4    RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI…………………………………..12
7.2    RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI………………………………………..18
7.3    RENCANA ARUS KAS (KAS FLOW)………………………………………….19
B.    PETA LOKASI……………………………………………………………………28
C     FOTO PRODUK…………………………………………………………………..29
 

1.   RINGKASAN EKSEKUTIF

“CATERING CERIA” MERUPAKAN USAHA DALAM BIDANG MAKANAN SIAP ANTAR DENGAN PENJUALAN TAHUN 2010 TADI MENCAPAI RP.109.000.000.
NILAI KEKAYAAN PERUSAHAAN TERKHIR HAMPIR MENDEKATI RP. 100.000.000.
RENCANA PENGEMBANGAN UNTUK USAHA KAMI, KAMI AKAN MENINGKATAN PENJUALAN DENGAN MENU-MENU TERBARU YG LEBIH FRESH LAGI. UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KAMI TERSEBUT KAMI BERENCANA MEMBUTUHKAN DANA HAMPIR  RP.100 JUTA LEBIH  DENGAN JANGKA WAKTU 15-20 TAHUN, SERTA DENGAN ANGUNAN YANG TELAH DISEPAKATI  BERSAMA.


2.   LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1   DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Usaha
PERCETAKAN DAN SABLON

2.         Bidang Usaha


3.         Jenis Produk
PAKAIAN

4.         Alamat Perusahaan
JL.PROFESOR GG.MORODADI A

5.         Nomor Telepon/Fax
0561 - 76543



6.         Bank Usaha
BANK KALBAR PONTIANAK

7.         Bentuk Badan Hukum
-

8.         Nomor Akte Pendirian
-

9.         N P W P
-

10.     Mulai Berdiri
2009


2.2   BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
WILDAN

2.         Jabatan
PEMILIK USAHA

3.         Tempat dan Tanggal Lahir
PONTIANAK, 10 MARET 1989

4.         Alamat Rumah
JL. PROFESOR M YAMIN GG MORODADI A

5.         Nomor Telepon
089693491821

6.         Nomor Fax
-

7.         Alamat E-mail
-

8.         Pendidikan Terakhir
SMA NEGRI 6  PONTIANAK

9.         Pengalaman Kerja
PEGAWAI  SWASTA

2.3   STRUKTUR ORGANISASI

                                                           WILDAN
                                                            PEMILIK
 



2.4   SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM



3.   ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

1.KAOS
2.JAKET
3.STIKER
4.BAJU LABOROTORIUM
Produk yang kami buat tergantung dari pesanan para pelanggan



KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

1.         PRODUK DENGAN KUALITAS TERJAMIN
2.         HARGA YANG CUKUP TERJANGKAU  DAN
3.         PENGERJAAN   PRODUK  DENGAN WAKTU YANG CUKUP CEPAT

3.2   GAMBARAN PASAR

DATA NILAI PENJUALAN (3 – 5 TAHUN TERAKHIR)


Mada tahun ke-2 dan ke-4Terkendala oleh bahan pokok yang naik secara drastis, seperti harga cabai yang meningkat tajam, serta harga sayuran sayuran pada waktu itu sulit di peroleh.



KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

    PERSONAL SELLING
Pemasarn produk kami melalui dari mulut ke mulut, mulai dari tetangga, keluarga dengan memberikan harga yang terjangkau dan dapat di antar bagi yang tidak sempat. Dan hasilnya lebih cepat dari yang kami duga, banyak yg mengetahui dan mempercepat proses pemasaran usaha kami..............................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    BROSUR
Kami juga menyebarkan dengan menggunakan brosur, dan membagikan kerumah pelanggan pelanggan kami pada saat mengantar produk percetakan dan penyablonan............................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    ADVERTISING / IKLAN
Kami juga menggunakan iklan di Koran terkenal di Pontianak untuk memasarkan usaha kami           
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

3.3   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

Pem beli atau pelanggan kami kebanyakan dari orang yang tidak sempat memasak dirumahnya, seperti para pekerja kantor, baik wanita maupun pria, Atau para Ibu ibu yg tidak sempat memasak dikarenakan pekerjaannya.Serta ada pula dari kalangan mahasiswa.



3.4   PROYEKSI PENJUALAN


Da ri tahun ke tahun usaha kami mengalami peningkatan drastis, serta banyaknya dukungan moril dari keluarga agar usaha kami tetap berlanjut.


3.5   STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
Tiap hari kami akan melakukan pembaharuan menu-menu terbaru untuk usaha kami, agar pelanggan tidak bosan dengan menu itu-itu saja.Dan tidak meninggalkan menu-menu yang sudah ada.......
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Untuk sementara kami hanya memasarkan di kawasan Pontianak kota, Pontianak Barat, karna terkendala jarak dan SDM untuk mengantar produk kami..Untuk selanjutnya Kami akan seger mengembangkan usaha kami untuk wilayah Pontianak utara, Pontianak selatan dan timur.......................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan penyebaran Brosur-brosur oleh para salesman kami,menawarkan harga diskon untuk pelanggan baru.Serta kami juga mempromosikan usaha kami lewat surat kabar dan radio setempat.   
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami tetap akan melakukan perubahan menu menu terbaru, agar para pelanggan bosan dengan menu yang itu itu saja.Serta menetapkan harga yang sesuai dengan menu yang kami sajikan.....................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

3.6   ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
RUMAH MAKAN SIAP SAJI
1.         LEBIH CEPAT MENYAJIKAN PRODUK
2.         MURAH
1.         KEAMANAN MERAGUKAN
2.         KEBERSIHAN BELUM TERJAMIN
FAST FOOD
1.         KEBERSIHAN TERJAMIN
2.         FASILITAS LENGKAP
1.         MAHAL
2.         MENGGUNAKAN PENGAWET

3.7   SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1.     Wilayah Pemasaran
     Lokal ..................... 100. %

2.     Jalur Distribusi
     Individu


3.     Alamat  Penjualan (Pemilik Usaha)
JL. HUSEIN HAMZAH GG.PALMASARI III





4.   ANALISIS PRODUKSI

4.1   PROSES PRODUKSI

PROSES PRODUKSI
TEKNOLOGI
PEMOTONGAN
Tradisional
PEMBUMBUAN
Tradisional
PENGOLAHAN



KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

1.         Lebih Higienis
2.         Terjamin Kebersihannya

4.2   BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
AYAM
20 KG
PASAR FLAMBOYAN
DAGING
5 KG
PASAR FLAMBOYAN
IKAN
10 KG
PASAR FLAMBOYAN
TELUR
300 BUTIR
PASAR FLAMBOYAN
BERAS
50 KG
PASAR FLAMBOYAN

BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
CABAI,BAWANG
30 KG
PASAR FLAMBOYAN
BUMBU DAPUR
10 KG
PASAR FLAMBOYAN
SAYURAN
5 KG
PASAR FLAMBOYAN

4.3   KAPASITAS PRODUKSI

FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI


*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

4.4   RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.         ADVERTISING USAHA MELALUI BROSUR, IKLAN KORAN, RADIO
2.         PENAMBAHAN MENU-MENU TERBARU
3.         PENGEMBANGAN WILAYAH PASAR



5.   ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1   ANALISIS KOMPETENSI SDM


    

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.         UNTUK BAG.ACOUNTING MEMILIKI KEAHLIAN KOMPUTER
2.         JURU MASAK YANG HANDAL
3.         BAG.PEMASARAN YANG CEKATAN

5.2   ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
SURVEYOR
SMA
-
Mengetahui Area Seluruh Pontianak
GUDANG
SMA
-
Merincikan Input dan Output barang yg digunakan untuk proses produksi
SALES
SMA
-
Untuk menyebarkan brosur di seluruh Area Pontianak

5.3   RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Direkrut
JURU MASAK
12
9
3










6.   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

    STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami melalui mulit kemulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak maka kami memulai dengan penyebaran brosur ke rumah rumah makan,dilampu merah serta kerumah rumah penduduk.
Setelah Usaha kami berkembang sedikit demi sedikit, saya memberanikan diri dengan melakukan pemasaran lewat radio serta di Koran Koran terkemuka di pontianak...................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya melakukan pencatatan menu-menu yang pelanggan saya pesan, memulai proses pembelanjaan bahan-bahan. Setelah Brang tersebut dibeli,juru masak kami segera melakukan tugasnya yaitu memulai dengan proses pemotongan bahan baku seperti ayam, daging, ikan, pencucian beras serta memasaknya. Menunggu pemotongan bahan baku selesai, maka ada juru yg bertugas membuat bumbu dan proses pengolahan dilakukan setelah proses pemotongan serta pencucian  dan pembumbuan selesai.  
...............................................................................................................................................

    STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
_      1 Orang Manajer Yang menghandle pemesanan menu para pelanggan, belanja ,dan memantau hasil kerja karyawan
Juru masak terdiri dari 9 orang,.............................................................................................
3 Orang bagian memotongan bahan baku
2 Orang bagian Pembumbuan
4 Orang Bagian Juru masak...................................................................................................
-           Pemasaran (Pengantar Produk) 9 Orang
-           Acounting  1 Orang, untuk pembayaran gaji,dan pengeluaran lainya.

    STRATEGI KEUANGAN
Modal yg kami punya langsung dibagi untuk keperluan bahan baku,penolong, pengeluaran lainnya seperti pembayaran air,listrik, serta pembayaran gaji untuk para karyawan......................................
...............................................................................................................................................

6.2   TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Pemasaran Usaha

Penambahan karyawan











Pembelian Alat-alat produksi agar mempercepat proses pengolahan



























7.   ANALISIS KEUANGAN

7.1   LAPORAN KEUANGAN










7.2   RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI


1



KETERANGAN:
Nilai Penerimaan tahun pertama (2001) sama dengan jumlah Penerimaan per bulan untuk tahun pertama (2001), begitu pula dengan nilai pengeluaran. Saldo kas awal tahun pertama (2001) adalah saldo kas awal bulan pertama.





7.4   RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN

TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
RP.180.000.0000


TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
RP. 35.000.000

TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
RP. 145.000.000


7.5   RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN

JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)
15 TAHUN
*)  sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
 TIAP DESEMBER
*)  sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

7.6   AGUNAN YANG DIMILIKI

1.         Jenis Agunan
TANAH

2.         Spesifikasi dan Keterangan Lain-Lain
TANAH 1 HEKTAR

3.         Aspek Legalitas
AKTA TANAH ADA

4.         Nilai Agunan
2 MILYAR


8.   ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1   DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

  • Usaha lebih dikenal oleh masyarakat sekitar tempat tinggal
  • Jika pesanan lebih banyak biasanya kami meminta tetangga sekitar untuk membantu.


8.2   DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN

  • Sampah bekas pengolahan menumpuk, jika pengakut sampah tidak datang tepat waktu
Membuat masyarakat sekitar terganggu akan bau sampah yang dikeluarkan.


8.3   ANALISIS RESIKO USAHA

  • Biasanya yang menjadi kendala yaitu bahan baku / bahan pokok dalam pembuatan produk seperti daging,sayur, serta bumbu yang kadang-kadang naik tanpa sepengetahuan, membuat modal yang telah direncanakan seperti biasa harus bertambah karena kenaikan tersebut.

8.4   ANTISIPASI RESIKO USAHA

  • Untuk pencegahan naik turunnya harga barang pokok kami bekerja sama dengan agen di pasar Flamboyan dalam memasok keperluan untuk usaha kami, jika pun barang-barang tersebut naik, karena kita sudah berlanggan, kenaikan bisa diminimalisir.


LAMPIRAN

A.    ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

STRENGTH (KEKUATAN): sebutkan asset atau hal yang paling berharga dalam organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PRODUK
    Harga jual
    Mutu produk
    Perlengkapan (feature) tambahan
    Pengemasan
Untuk Harga jual kami menyesuaikan dengan menu yg dipesan,dan sangat terjangkau. Kwalitas pasti terjamin kehegienisannya,serta kami meminjamkan tempat makan seperti Rantang,piring,serta sendok.Dan sesuai dengan waktu yg ditentukan kami akan mengambil kembali tempat tersebut.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
Untuk mempromosikan usaha catering kami,kami melakukan penyebaran brosur .
3.        PELAYANAN PELANGGAN
    Keramahan pelayanan
Untuk keramahan tetap akan kami terapkan mulai dari pemesanan sampai produk yang telah dipesankan sampai ke tujuan pelanggan.
4.        ORGANISASI DAN SD
    Tingkat keahlian khusus


    Tingkat pendidikan
    Pengalaman kerja
    Jumlah tenaga kerja
Untuk tingkat keahlian, seperti juru masak  sangat diperlukan agar tercipta suatu menu terbaru,
Karena usaha kami belumlah sebesar perusahaan, maka tingkat pendidikan yg tinggi belumlah menjadi patokan bagi kami,karena kami lebih memerlukan skill khusus untuk usaha kami.
Begitu juga untuk pengalaman sama seperti keahlian diatas juga dibutuhkan bagi usaha kami.
Untuk jumlah tenaga  kerja kami belum membutuhkan tenaga yang cukup besar ,karena usaha kami belumlah terlalu besar.

5.        SISTEM MANAJEMEN
    Sistem pembukuan (akuntansi)
    Sistem administrasi
Disini kami menggunakan tenaga Accounting untuk menghitung dana keluar danmasuk untuk kelancaran produksi kami.
Tenaga accounting disini juga merangkap sebgai juru bayar untuk penggajian karyawan, dll.
6.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Kemampuan pemenuhan order
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Karena usaha kami ini dimulai melalui pemesanan, maka kapasitas produksi disesuaikan dengan jumlah pemesanan tersebut, dan dari situ bisa dilihat berapa besar biaya untuk memproduksi suatu menu serta jumlahnya.
Untuk kemampuan orderan kami terima berapapun asal telah disepakati jauh-jauh hari.
Untuk penangganan limbah produksi kami, kami telah membayar pengambil sampah khusus yg datang setiap hari mulai pukul 06.00 wib.
7.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi modern
Untuk teknologi kami menggunakan internet untuk melihat menu-menu terbaru, serta cara pengembangan usaha kami.

WEAKNESS (KELEMAHAN): sebutkan permasalahan utama yang timbul di dalam organisasi / perusahaan anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PRODUK
    Harga jual
Untuk harga,kami sesuaikan dengan menu yang dipesan,berapa banyak yang dipesan. Tapi terkadang berubah-ubah , karena bahan pokok tersebut kadang kadang mengalami peningkatan serta penurunan, tapi sebelum hal itu terjadi, sejak awal awal sudah kami beritahukan kepada pelanggan kami.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
    Tenaga sales
Untuk promosi sering terkandala pada saat penyebaran brosur karena terkadang orang hanya membacanya sekilas setelah itu membuangnya.
Tenaga sales yang menyebarkan brosur terkadang tidak menyebarkan sampai ke tempat-tempat terpencil, hanya di tempat keramaian saja,
3.        ORGANISASI DAN SDM

Untuk tenaga kerja kami masih mencari sebagai juru masak, karena pada saat ini juru masak kami kurang.
4.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Karena harga bahan pokok yang terkadang naik dan turun membuat perencanaan produksi kami macet. serta biaya yang direncanakan demikian terpaksa harus ditambah untuk menutupi kekurangan tersebut .
Untuk penangganan limbah terkadang pengambil sampah datangnya telat, membuat sampah produksi meluber ke jalan serta menimbulkan bau tak sedap dan pemandangn yang kurang enak.


OPPORTUNITIES (PELUANG): sebutkan kesempatan atau peluang yang datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis
Pada saat ini usaha catering di Pontianak belumlah terlalu menjamur, peluang usaha masih besar asal mau dikerjakan dengan kesabaran dan keuletan.
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Tingkat suku bunga kredit
Sampai saat ini  kami menjalin kerjasama dengan Bank Kalbar sebagai mitra usaha .
Untuk tingakt suku bunga kredit juga tidak terlalu tinggi.
3.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
Untuk pangsa pasar dipontianak cukup merespon usaha kami ini, Karena kami ingin menjadi yang utama dalam Usaha ini, dan dikenal oleh para konsumen.
4.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi

Karena semakin canggih teknologi sekarang, maka untuk mempercepat produksi kami, kami membeli peralatan seperti mesin-mesin yang canggih untuk mempercepat pemprosesan produksi.
5.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
Pencarian tenaga yang sesuai kebutuhan masih tetap kami butuhkan sampai sekarang, tapi tidak terlalu banyak, melihat usaha kami yang baru mulai berkembang ini.
6.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Ketersediaan bahan baku
Untuk bahan baku, kami usahakan yang masih segar dan langsung diproses disesuaikan kebutuhan pelanggan, Jadi tidak terjadi kemubaziran dalam pembuatan menu.
7.        MASYARAKAT SEKITAR
    Sikap masyarakat terhadap produk
Masyarakat merespon baik usaha kami ini, karena tidak membuat keributan, pencemaran udara,.

THREATS (HAMBATAN): sebutkan ancaman atau hambatan yang datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis

Makin banyaknya rumah makan di tepi jalan yang harganya lebih murah, serta rumah makan fast food yang membuat orang tidak mau terlalu repot.
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Tingkat suku bunga kredit
Untuk pencairan dana permodalan usaha cukup lama, terkadang kami harus meminjam dulu kepada keluarga.
Tingkat suku bunga yang kadang berubah-ubah membuat kami bingung, walaupun masih dibatas kewajaran.
3.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
Karena tidak semua masyarakat mengetahui usaha kami ini. Maka dalam hal ini kami lebih giat dalam mempromosikan usaha kami.
4.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi

Untuk mempercepat proses produkasi memerlukan peralatan yang canggih, tapi barang tersebut tidak semua ada dipontianak, selebihnya dipesan dulu dan harganya cukup mahal.
5.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan

Dalam mencari tenaga kerja sesuai kebutuhan tidaklah sulit, tapi jika pengalaman kurang membuat sedikit hambatan bagi usaha kami.
6.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Fluktuasi harga bahan baku
    Ketersediaan bahan baku
Untuk bahan baku seperti daging segar kami langsung memprosesnya, tapi  untuk sayuran tidak semua diproses dan ini membuat sayuran tersebut menjadi layu dan tidak bisa digunakan lagi.
7.        MASYARAKAT SEKITAR
    Sikap masyarakat terhadap produk
Belum terlalu mengetahui secara pasti usaha kami dikarenakan kurang info mengenai usaha ini.

1 komentar:

  1. hai kak...ada beberapa yang tidak bisa dibaca...boleh minta soft filenya ?

    BalasHapus