Jumat, 13 Januari 2012

proposal borneo flora


Bisnis Floris
BORNEO FLORA
MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEJUK DAN INDAH





Pontianak, 30 November 2010



disusun oleh:
ZAKARIA
RAHMI MUMPUNI
ERWIN SRIHASTUTI
NOVI SRIHIDAYATI
RIA RESE GUSTRI



JL. LET. JEND. SUTOYO
No. Telepon 081257921646


DAFTAR HALAMAN



         3.4    PROYEKSI PENJUALAN………………………………………………………...8
4.4    RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI…………………………………..12
7.2    RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI………………………………………..18
7.3    RENCANA ARUS KAS (KAS FLOW)………………………………………….19
B.    PETA LOKASI……………………………………………………………………28
C     FOTO PRODUK…………………………………………………………………..29
 


1.   RINGKASAN EKSEKUTIF

BORNEO FLORA” MERUPAKAN USAHA DALAM BIDANG FLORIS DENGAN OMSET  TAHUN 2010 TADI MENCAPAI RP.100.000.000,-
NILAI KEKAYAAN PERUSAHAAN TERAKHIR HAMPIR MENDEKATI RP.50.000.000,-
RENCANA PENGEMBANGAN UNTUK USAHA KAMI, KAMI AKAN MENINGKATAN PENJUALAN DENGAN MEMPERBANYAK VARIASI TANAMAN MENINGKATKAN JUMLAH PRODUKSI BIBIT. UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KAMI TERSEBUT KAMI BERENCANA MEMBUTUHKAN DANA HAMPIR  RP.100 JUTA LEBIH  DENGAN JANGKA WAKTU 3-4 TAHUN, SERTA DENGAN ANGUNAN YANG TELAH DISEPAKATI  BERSAMA.


2.   LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1   DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Usaha
BORNEO FLORA

2.         Bidang Usaha
FLORIST

3.         Jenis Produk
TANAMAN DAN MEDIA TANAM

4.         Alamat Perusahaan
JL.LET. JEND. SUTOYO

5.         Nomor Telepon/Fax
081257921646



6.         Bank Usaha
BANK RAKYAT INDONESIA

7.         Bentuk Badan Hukum
-

8.         Nomor Akte Pendirian
-

9.         N P W P


10.     Mulai Berdiri
2009


2.2   BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
ZAKARIA

2.         Jabatan
PEMILIK USAHA

3.         Tempat dan Tanggal Lahir
PONTIANAK, 03 MARET 1989

4.         Alamat Rumah
JL. HARAPAN JAYA GG. HARAPAN BARU NO. 5

5.         Nomor Telepon
081257921646

6.         Nomor Fax
-

7.         Alamat E-mail
Zakaria.jack70@yahoo.co.id

8.         Pendidikan Terakhir
SMAN 8 PONTIANAK

9.         Pengalaman Kerja
PEGAWAI  SWASTA

2.3   STRUKTUR ORGANISASI

                                                           ZAKARIA
                                                            PEMILIK
 


2.4   SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM




3.   ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

1. PEMBUATAN TAMAN
2. PEMBUATAN RELIEF
3. PENYEDIAAN BIBIT PENGHIJAUAN
4. SUPLAIER TANAMAN
5. BIBIT BUAH - BUAHAN
6. MEDIA TANAM
7. POT BUNGA
8. RUMPUT TAMAN
Produk yang kami buat tergantung dari pesanan para pelanggan



KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

1.         ANTAR SAMPAI KE TUJUAN
2.         UNTUK TAMAN BERGARANSI SATU BULAN
3.         BIBIT UNGGUL DAN TERMURAH DI KALIMANTAN BARAT
4.          

3.2   GAMBARAN PASAR

DATA NILAI PENJUALAN (3 – 5 TAHUN TERAKHIR)


Pada tahun ke-2 dan ke-3 Terkendala oleh sulitnya pengiriman bibit dari luar kalimantan barat, seperti naiknya ongkos transportasi dan akomodasi dan tidak stabilnya harga tanaman hias di pasaran.
Pada tahun ke -4 dan ke -5 omset perusahaan sangat meningkat drastis karena banyaknya permintaan bibit tanaman dan isu global warming



KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

    PERSONAL SELLING
Pemasarn produk kami melalui dari mulut ke mulut, mulai dari tetangga, keluarga dan pelanggan tetap dengan memberikan harga yang menarik dan bergaransi untuk pembuatan taman. Dan hasilnya lebih cepat dari yang kami duga, banyak yg mengetahui dan mempercepat proses pemasaran usaha kami .          
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    BROSUR
Kami juga menyebarkan dengan menggunakan brosur, dan membagikan kerumah pelanggan pelanggan  dan perumahan yang baru di bangun. Hasilnya banyak pelanggan baru yg mengetahui melalui brosur yg disebarkan juga oleh pelanggan tetap kami.............................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    ADVERTISING / IKLAN
Kami juga menggunakan iklan pada papan pengumuman yang terdapat pada wilayah -  wilayah tertentu untuk memasarkan produk dan jasa yang kami sediakan......................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

3.3   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

Pembeli atau pelanggan kami kebanyakan dari orang yang baru memiliki rumah baru yang belum memiliki taman dan para penghobi tanaman hias yang kebanyakan ibu rumah tangga, para kontraktor jalan, Dinas perhutani, dan tak jarang pula para sesama penjual tanaman juga membeli tanaman hias kami untuk di jual kembali kepada konsumen.



3.4   PROYEKSI PENJUALAN


Da ri tahun ke tahun usaha kami mengalami peningkatan drastis, dan memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan lagi, serta banyaknya dukungan moril dari keluarga agar usaha kami tetap berlanjut dan berkembang menjadi lebih besar lagi.


3.5   STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
Pengembangan yang kami lakukan untuk peningkatan dan pengembangan produk dan jenis tanaman yang kami pasarkan adalah pembibitan tanaman – tanaman jenis baru dan menarik konsumen, untuk jenis – jenis baru dan bibit unggul kami bekerja sama dengan para petani tanaman hias yang berada di luar kalimantan barat dan bahkan sampai ke daerah jawa dan sumatra

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Pada awal pemasaran, kami hanya melayani konsumen yang berdomisili di daerah pontianak dan sekitarnya saja, tetapi dengan seiring banyaknya permintaan di luar kota, maka pada saat ini kami telah menerima pelayanan permintaan tanaman dari seluruh daerah di kalimantan barat bahkan sudah ada permintaan dari propinsi tetangga seperti perbatasan kalimantan barat dan kalimantan tengah.
Kedepannya kami akan mengembangkan pemasaran usaha kami hingga seluruh kalimantan dan keluar kalimantan bahakan mencakup negara tetangga.

    KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan penyebaran Brosur-brosur oleh para salesman kami,menawarkan harga yang murah dan produk erkualitas kami yang mampu bersaing dengan sesama pengusaha floris lainnya.
Selain dengan brosur kami juga mulai melakukan promosi di dunia maya melalui jejaring sosial dan blog kami.


    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Starategi yang kami lakukan bersaing dengan pengusaha lain untuk konsumen umum dan rumahan, tetapi untuk partai besar kami menawarkan bibit unggul dengan harga di bawah pasaran untuk konsumen khusus seperti kontraktor dan sesama pengusaha tanaman hias.


3.6   ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
KONTRAKTOR TAMAN
1.         MEMILIKI LISENSI PERUSAHAAN
1.         MAHAL
2.         WAKTU YANG PANJANG DAN PENGURUSAN YANG RUMIT
PENGUSAHA FLORIS
1.         FARIASI TANAMAN
2.         TANAMAN HIAS YANG MENARIK
1.         MAHAL
2.         TANAMAN TIDAK TAHAN LAMA

3.7   SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1.     Wilayah Pemasaran
Lokal ….....................................70%
Kabupaten/kota di kal-bar..........30%

2.     Jalur Distribusi
Individu dan perusahaan


3.     Alamat  Penjualan (Pemilik Usaha)
JL.HARAPAN JAYA
GG. HARAPAN BARU NO. 4



4.   ANALISIS PRODUKSI

4.1   PROSES PRODUKSI

 

PROSES PRODUKSI
TEKNOLOGI
PEMBIBITAN
Tradisional
PERAWATAN
kimiawi
PEREMAJAAN
kimiawi
PENYIAPAN LAHAN


 

PENYIAPAN MEDIA TANAM



 


PEMBIBITAN



 

PERAWATAN DAN PEMUPUKAN


 

PEMASARAN



KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

1.         Lebih cepat produksinya
2.         Hasil lebih baik dan subur

4.2   BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
TANAH MERAH
5 METER KUBIK
GUNUNG PENIRAMAN
SEKAM
10 METER KUBIK
PENGGILINGAN PADI
PUPUK KANDANG
100 KG
PETERNAK SAPI
BIBIT
3000 POHON
TASIKMALAYA DAN BOGOR

BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
PUPUK ORGANIK
10 KG
TOKO KIMIA
POLIBAG
100 KG
JAKARTA
POT
10 LUSIN
JAKARTA

4.3   KAPASITAS PRODUKSI

FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI

*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

4.4   RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.         ADVERTISING USAHA MELALUI BROSUR, IKLAN KORAN, RADIO
2.         PENAMBAHAN JENIS –JENIS TANAMAN TERBARU
3.         PENGEMBANGAN WILAYAH PASAR
4.         PENAMBAHAN ALAT PRODUKSI
5.         PENAMBAHAN KARYAWAN
6.         PENINGKATAN PRODUKSI
7.         PENINGKATAN KWALITAS TANAMAN
8.         MEMPERBANYAK VARIASI TANAMAN


5.   ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1   ANALISIS KOMPETENSI SDM

          

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.         UNTUK BAG.ACOUNTING MEMILIKI KEAHLIAN KOMPUTER
2.         AHLI MENGOLAH MEDIA TANAM
3.         BAG PEMASARAN YANG CEKATAN

5.2   ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
SURVEYOR
SMA
-
Mengetahui Area Seluruh Pontianak
BAG. PRODUKSI
SMP
-
Merincikan Input dan Output barang yg digunakan untuk proses produksi
SALES
SMA
-
Untuk menyebarkan brosur di seluruh Area Pontianak

5.3   RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Direkrut
SALES
3
2
1
PRODUKSI
5
2
3
MENEJEMEN
1
1
0
SUPIR
2
1
0


6.   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

    STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami melalui mulut kemulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak maka kami memulai dengan penyebaran brosur ke rumah – rumah penduduk, komplek- komplek mewah dan dinas perhutani, dan ke sesama pengusaha tanaman hias lainnya.
Setelah Usaha kami berkembang sedikit demi sedikit, saya memberanikan diri dengan melakukan pemasaran lewat koran.

    STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya melakukan pembibitan kecil-kecilan, penambahan jenis – jenis baru tanaman dan melengkapi variasi tanaman yang tersedia di toko floris kami, penawaran ke rumah – rumah dan pembuatan desain taman gratis dan menarik.

    STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
_      1 Orang Manajer Yang menghandle pemesanan tanaman dari  para pelanggan, penyediaan bibit ,dan memantau hasil kerja karyawan
Pekerja terdiri dari
2 orang pembibitan
2 orang bagian pemasaran
Acounting  1 Orang, untuk pembayaran gaji,dan pengeluaran lainnya.

    STRATEGI KEUANGAN
Modal yg kami punya langsung dibagi untuk keperluan bahan baku,penolong, pengeluaran lainnya seperti pembayaran air,listrik, serta pembayaran gaji untuk para karyawan......................................
...............................................................................................................................................

6.2   TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Pemasaran Usaha

Penambahan karyawan









ΓΌ   

Pembelian Alat-alat produksi agar mempercepat proses pengolahan


























7.1   LAPORAN KEUANGAN













7.2   RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI


1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar