Rencana Bisnis
Flanel Craft
|
Asesoris trendy dan tren masa kini
Pontianak, 03
januari
2012
disusun
oleh:
Arie jowardi
Iwin susilawati
Risa juliyanti
Siti ramlah
Zakarius zeno
JL. M. Yamin GG. Ilham No. A1
No.
Telepon 085245479595
DAFTAR HALAMAN
2.4 SUSUNAN PEMILIK ATAU PEMEGANG SAHAM.......................................... 4
3.2 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU........................................... 6
3.3 STRATEGI PEMASARAN.................................................................................... 6
3.4 ANALISIS PESAING............................................................................................. 7
3.5 SALURAN DISTRIBUSI....................................................................................... 7
4.
ANALISIS PRODUKSI...................................................................... 7
4.1 PROSES PRODUKSI............................................................................................. 7
4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANYA......................................................... 8
5.
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA.......................................... 9
5.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM........................................................................... 9
6.
RENCANA PENGEMBANGAN USAHA....................................... 10
6.1 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA......................................................... 10
6.2 TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA................................................. 10
7.
KEBUTUHAN DANA....................................................................... 11
7.1 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN............................................................ 11
7.2
PENGENBANGAN DANA PINJAMAN............................................................ 11
8.
ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA............................... 12
8.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR........................................ 12
8.2 ANALISIS RESIKO USAHA.............................................................................. 12
8.3 ANTISIPASI RESIKO USAHA.......................................................................... 12
LAMPIRAN............................................................................................... 13
A. PETA LOKASI...................................................................................................... 13
B. FOTO
PRODUKSI................................................................................................ 14
1. RINGKASAN EKSEKUTIF
“FLANEL CRAFT” MERUPAKAN USAHA DALAM BIDANG PEMBUATAN ASESORIS. ASESORIS INI DIBUAT DARI KAIN FLANEL DAN DENGAN BUATAN TANGAN.
INDUSTRI RUMAHAN NI BERDIRI PADA AKHIR DESMBER 2011. KAMI MENINGKATKAN
PENJUALAN DENGAN MODEL-MODEL TERBERU SESUAI DENGAN PERMINTAAN PASAR.
|
2. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
2.1 DATA PERUSAHAAN
1.
Nama Usaha
|
FLANEL CRAFT
|
2.
Bidang Usaha
|
ASESORIS TRENDY
|
3.
Jenis Produk
|
ASESORIS
|
4.
Alamat Perusahaan
|
JL.M. YAMIN Gg. ILHAM
NO. A 01 PONTIANAK
|
5.
Nomor Telepon/Fax
|
085245479595
|
6.
Bank Usaha
|
BANK RAKYAT INDONESIA
|
7.
Bentuk Badan Hukum
|
-
|
8.
Nomor Akte Pendirian
|
-
|
9.
N P W P
|
-
|
10.
Mulai Berdiri
|
2011
|
2.2 BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.
Nama
|
IWIN SUSILAWATI
|
2.
Jabatan
|
PEMILIK USAHA
|
3.
Tempat dan Tanggal Lahir
|
NANGA TAYAP, 9
SEPTEMBER 1990
|
4.
Alamat Rumah
|
JL. M. YAMIN Gg. ILHAM NO. A 01 PONTIANAK
|
5.
Nomor Telepon
|
085245479595
|
6.
Nomor Fax
|
-
|
7.
Alamat E-mail
|
Iwinsusilawati@yahoo.com
|
8.
Pendidikan Terakhir
|
SMA N 1 NANGA TAYAP
|
9.
Pengalaman Kerja
|
PEGAWAI
SWASTA
|
2.3 STRUKTUR ORGANISASI
IWIN
SUSILAWATI
PEMILIK
2.4 SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM
3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1 PRODUK YANG DIHASILKAN
1. BROSS
2. GANTUNGAN KUNCI
3. GANTUNGAN
HP
4. JEPIT
RAMBUT
5. BENDO
6. TEMPAT TISU
7. TEMPAT
PENSIL
8. KALUNG
Produk yang kami buat tergantung dari
pesanan para pelanggan
|
KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
1.
MODEL-MODELNYA
TRENDY
2.
DAPAT
DIPESAN SESUAI PERMINTAAN PELANGGAN
|
KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN
PERSONAL SELLING
Pemasarn produk kami melalui dari mulut ke mulut, mulai dari
tetangga, teman dengan memberikan harga yang terjangkau. Dapat depesan sesuai permintaan
|
EXPO KAMPUS
Kami juga menyebarkan dengan memanfaatkan kegiatan di kampus, yaitu expo kampus. Dengan kesempatan ini
kami menawarkan produk kami secara langsung kepada calon pelanggan.
|
ADVERTISING / IKLAN
Kami juga memanfaatkan
dunia maya, yaitu dengan memasang iklan di blog dengan alamat
winnazza.blogspot.com dan facebook
dengan alamat iwinsusilawati@yahoo.com
|
3.2 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA
Pembeli atau pelanggan kami kebanyakan
dari kalangan remaja, seperti
mahasiswa, yang menyukai asesoris.
|
3.3 STRATEGI PEMASARAN
PENGEMBANGAN PRODUK
Tiap hari kami akan melakukan pembaharuan dengan memproduksi barang-barang sesuai dengan
permintaan pasar.
|
PENGEMBANGAN WILAYAH
PEMASARAN
Untuk sementara kami hanya memasarkan di kawasan kota Pontianak.
|
KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan promosi
barang hasil produksi kami pada saat expo kampus, dari mulut kemulut, juga
melalui jejaring sosial
|
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami tetap akan melakukan perubahan fariasi dan pesanan konsumen agar barang-barang kami tetap laku dipasaran dan
mampu bersaing dengan produk-produk lain. Penetapan harga tergantung dari
kerumitan pembuatan barangnya.
|
3.4 ANALISIS PESAING
PESAING
|
KEUNGGULAN
|
KELEMAHAN
|
Aksessoris Menggunakan
Bahan Resin
|
1.
Tahan lama
|
1.
Mahal
|
Asesoris sulam
|
1.
murah
2.
model
berfariasi
|
1.
tidak tahan
lama
2.
mudah kotor
|
3.5 SALURAN DISTRIBUSI
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
1. Wilayah Pemasaran
|
√ Lokal ..................... 100. %
|
2. Jalur Distribusi
|
√ Individu
|
|
3. Alamat Penjualan (Pemilik Usaha)
|
JL. M. YAMIN Gg ILHAM NO
A1
|
4. ANALISIS PRODUKSI
4.1 PROSES PRODUKSI
PROSES
PRODUKSI
|
TEKNOLOGI
|
PEMBUATAN POLA
|
Tradisional
|
MENJAIT
|
Tradisional
|
MEMFARIASIAKAN
|
KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI
1.
Lebih teliti
2.
Ramah
lingkungan
|
4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA
BAHAN BAKU |
KEBUTUHAN
RATA-RATA
PER BULAN
|
SUMBER
|
Kain flanel
|
8 warna
|
Pasar kapuas besar
|
Benang
|
3 rol
|
Pasar kapuas besar
|
Jarum
|
1 set
|
Pasar kapuas besar
|
Busa
|
1 kantong
|
Pasar kapuas besar
|
Gantungan Hp
|
2 lusin
|
Pasar kapuas besar
|
Peniti untuk bross
|
2 lusin
|
Pasar kapuas besar
|
Ring gantungan kunci
|
1 bungkus
|
Pasar kapuas besar
|
gunting
|
1 buah
|
Pasar kapuas besar
|
BAHAN PENOLONG |
KEBUTUHAN
RATA-RATA
PER BULAN
|
SUMBER
|
Lem bakar
|
3 buah
|
Pasar kapuas besar
|
Manik-manik
|
1 bungkus
|
Pasar kapuas besar
|
pinset
|
I buah
|
Pasar kapuas besar
|
5. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)
5.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM
6. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
6.1 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami
melalui mulut kemulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak
maka kami memulai dengan pemasangan
iklan melalui media internet kemudian dilanjutkan dengan promosi langsung
kepada calon konsumen.
|
STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya melakukan browsing internet, melihat model yang akan diproduksi. Kemudian membeli
bahan sesuai keperluan. Setelah itu memulai produksi, yang pertama yaitu
pembuatan pola, kemudian pengguntingan bahan sesuai pola yang dibuat,
kemudian lanjut proses penjahitan atau pun pengeleman (sesuai kebutuhan),
kemudian pemberian sentuhan akhir yaitu pemasangan gantungan, atau pemasangan
peniti bross (sesuai kebutuhan).
|
STRATEGI KEUANGAN
Modal yg kami punya langsung dibagi untuk keperluan bahan
baku,penolong, pengeluaran lainnya seperti pembayaran gaji untuk para
karyawan.
|
6.2 TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
KEGIATAN |
bulan
ke -
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
Pemasaran Usaha
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penambahan karyawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pembelian Alat-alat produksi agar
mempercepat proses pengolahan
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. KEBUTUHAN DANA
7.1 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN
TOTAL NILAI
KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
|
RP.500.000.00
|
TOTAL
NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
|
RP. 200.000.00
|
TOTAL NILAI
KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
|
RP. 700.000.00
|
7.2 RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN
JA NGKA WAKTU PENGEMBALIAN
*)
|
2 BULAN
|
*) sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel
RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
|
AKHIR BULAN
|
*) sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel
RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
8. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
8.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
|
8.2 ANALISIS RESIKO USAHA
Dalam proses pembuatan cukup memakan waktu yang cukup lama dan cukup
rumitsehingga membuat pelanggang tidak sabar menunggu.
|
8.3 ANTISIPASI RESIKO USAHA
Untuk pencegahan proses kerja yang cukup lama, maka kami akan menambah
tenaga kerja produksi dengan memanfaatkan tetangga disekitar tempat
produksi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar