Jumat, 13 Januari 2012

proposal flanel craft


Rencana Bisnis
Flanel Craft
Asesoris trendy dan tren masa kini




Pontianak, 03 januari 2012



disusun oleh:
Arie jowardi
Iwin susilawati
Risa juliyanti
Siti ramlah
Zakarius zeno




JL. M. Yamin GG. Ilham No. A1
No. Telepon 085245479595

DAFTAR HALAMAN



2.4   SUSUNAN PEMILIK ATAU PEMEGANG SAHAM.......................................... 4
3.2   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU........................................... 6
3.3    STRATEGI PEMASARAN.................................................................................... 6
3.4    ANALISIS PESAING............................................................................................. 7
3.5    SALURAN DISTRIBUSI....................................................................................... 7
4.     ANALISIS PRODUKSI...................................................................... 7
4.1    PROSES PRODUKSI............................................................................................. 7
4.2    BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANYA......................................................... 8
5.     ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA.......................................... 9
5.1    ANALISIS KOMPETENSI SDM........................................................................... 9
6.     RENCANA PENGEMBANGAN USAHA....................................... 10
6.1    RENCANA PENGEMBANGAN USAHA......................................................... 10
6.2    TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA................................................. 10
7.     KEBUTUHAN DANA....................................................................... 11
7.1    RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN............................................................ 11
        7.2    PENGENBANGAN DANA PINJAMAN............................................................ 11

8.     ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA............................... 12
8.1    DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR........................................ 12
8.2    ANALISIS RESIKO USAHA.............................................................................. 12
8.3    ANTISIPASI RESIKO USAHA.......................................................................... 12
LAMPIRAN............................................................................................... 13
A.     PETA LOKASI...................................................................................................... 13
B.     FOTO PRODUKSI................................................................................................ 14
 

1.   RINGKASAN EKSEKUTIF

FLANEL CRAFT” MERUPAKAN USAHA DALAM BIDANG PEMBUATAN ASESORIS. ASESORIS INI DIBUAT DARI KAIN FLANEL DAN DENGAN BUATAN TANGAN. INDUSTRI RUMAHAN NI BERDIRI PADA AKHIR DESMBER 2011. KAMI MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN MODEL-MODEL TERBERU SESUAI DENGAN PERMINTAAN PASAR.

2.   LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1   DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Usaha
FLANEL CRAFT

2.         Bidang Usaha
ASESORIS TRENDY

3.         Jenis Produk
ASESORIS

4.         Alamat Perusahaan
JL.M. YAMIN Gg. ILHAM NO. A 01 PONTIANAK

5.         Nomor Telepon/Fax
085245479595



6.         Bank Usaha
BANK RAKYAT INDONESIA

7.         Bentuk Badan Hukum
-

8.         Nomor Akte Pendirian
-

9.         N P W P
-

10.     Mulai Berdiri
2011




2.2   BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
IWIN SUSILAWATI

2.         Jabatan
PEMILIK USAHA

3.         Tempat dan Tanggal Lahir
NANGA TAYAP, 9 SEPTEMBER 1990

4.         Alamat Rumah
JL. M. YAMIN Gg. ILHAM NO. A 01 PONTIANAK

5.         Nomor Telepon
085245479595

6.         Nomor Fax
-

7.         Alamat E-mail
Iwinsusilawati@yahoo.com

8.         Pendidikan Terakhir
SMA N 1 NANGA TAYAP

9.         Pengalaman Kerja
PEGAWAI  SWASTA

2.3   STRUKTUR ORGANISASI

                                                    IWIN SUSILAWATI
                                                            PEMILIK
 



2.4   SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM



3.   ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1   PRODUK YANG DIHASILKAN

1. BROSS
2. GANTUNGAN KUNCI
3. GANTUNGAN HP
4. JEPIT RAMBUT
5. BENDO
6. TEMPAT TISU
7. TEMPAT PENSIL
8. KALUNG
Produk yang kami buat tergantung dari pesanan para pelanggan



KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

1.         MODEL-MODELNYA TRENDY
2.         DAPAT DIPESAN SESUAI PERMINTAAN PELANGGAN


KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

    PERSONAL SELLING
Pemasarn produk kami melalui dari mulut ke mulut, mulai dari tetangga, teman dengan memberikan harga yang terjangkau. Dapat depesan sesuai permintaan


    EXPO KAMPUS
Kami juga menyebarkan dengan memanfaatkan kegiatan di kampus, yaitu expo kampus. Dengan kesempatan ini kami menawarkan produk kami secara langsung kepada calon pelanggan.


    ADVERTISING / IKLAN
Kami juga memanfaatkan dunia maya, yaitu dengan memasang iklan di blog dengan alamat winnazza.blogspot.com dan  facebook dengan alamat iwinsusilawati@yahoo.com

3.2   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

Pembeli atau pelanggan kami kebanyakan dari kalangan remaja, seperti mahasiswa, yang menyukai asesoris.


3.3   STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
Tiap hari kami akan melakukan pembaharuan dengan memproduksi barang-barang sesuai dengan permintaan pasar.

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Untuk sementara kami hanya memasarkan di kawasan kota Pontianak.


    KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan promosi barang hasil produksi kami pada saat expo kampus, dari mulut kemulut, juga melalui jejaring sosial

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami tetap akan melakukan perubahan fariasi dan pesanan konsumen agar barang-barang kami tetap laku dipasaran dan mampu bersaing dengan produk-produk lain. Penetapan harga tergantung dari kerumitan pembuatan barangnya.





3.4   ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
Aksessoris Menggunakan Bahan Resin
1.         Tahan lama

1.         Mahal

Asesoris sulam
1.         murah
2.         model berfariasi
1.         tidak tahan lama
2.         mudah kotor


3.5   SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1.     Wilayah Pemasaran
     Lokal ..................... 100. %

2.     Jalur Distribusi
     Individu


3.     Alamat  Penjualan (Pemilik Usaha)
JL. M. YAMIN Gg ILHAM NO A1





4.   ANALISIS PRODUKSI

4.1   PROSES PRODUKSI

PROSES PRODUKSI
TEKNOLOGI
PEMBUATAN POLA
Tradisional
MENJAIT
Tradisional
MEMFARIASIAKAN

                                                                                          

KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

1.         Lebih teliti
2.         Ramah lingkungan

4.2   BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
Kain flanel
8 warna
Pasar kapuas besar
Benang
3 rol
Pasar kapuas besar
Jarum
1 set
Pasar kapuas besar
Busa
1 kantong
Pasar kapuas besar
Gantungan Hp
2 lusin
Pasar kapuas besar
Peniti untuk bross
2 lusin
Pasar kapuas besar
Ring gantungan kunci
1 bungkus
Pasar kapuas besar
gunting
1 buah
Pasar kapuas besar

BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
Lem bakar
3 buah
Pasar kapuas besar
Manik-manik
1 bungkus
Pasar kapuas besar
pinset
I buah
Pasar kapuas besar



5.   ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1   ANALISIS KOMPETENSI SDM

     




6.   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

    STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami melalui mulut kemulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak maka kami memulai dengan pemasangan iklan melalui media internet kemudian dilanjutkan dengan promosi langsung kepada calon konsumen.


    STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya melakukan browsing internet, melihat model yang akan diproduksi. Kemudian membeli bahan sesuai keperluan. Setelah itu memulai produksi, yang pertama yaitu pembuatan pola, kemudian pengguntingan bahan sesuai pola yang dibuat, kemudian lanjut proses penjahitan atau pun pengeleman (sesuai kebutuhan), kemudian pemberian sentuhan akhir yaitu pemasangan gantungan, atau pemasangan peniti bross (sesuai kebutuhan).


    STRATEGI KEUANGAN
Modal yg kami punya langsung dibagi untuk keperluan bahan baku,penolong, pengeluaran lainnya seperti pembayaran gaji untuk para karyawan.


6.2   TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Pemasaran Usaha












Penambahan karyawan












Pembelian Alat-alat produksi agar mempercepat proses pengolahan

























7. KEBUTUHAN DANA

7.1 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN

TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
RP.500.000.00


TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
RP. 200.000.00

TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
RP. 700.000.00


7.2   RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN

JA NGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)
2 BULAN
*)  sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
AKHIR BULAN
*)  sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)



8.   ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1   DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

  • Usaha lebih dikenal oleh masyarakat sekitar tempat tinggal
  • Jika pesanan  lebih banyak biasanya kami meminta tetangga sekitar untuk membantu.


8.2   ANALISIS RESIKO USAHA

Dalam proses pembuatan cukup memakan waktu yang cukup lama dan cukup rumitsehingga membuat pelanggang tidak sabar menunggu.

8.3   ANTISIPASI RESIKO USAHA

Untuk pencegahan proses kerja yang cukup lama, maka kami akan menambah tenaga kerja produksi dengan memanfaatkan tetangga disekitar tempat produksi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar