Jumat, 13 Januari 2012

proposal cemilan


Rencana Bisnis
Cemilan PSK
SIAP MELAYANI ANDA




Pontianak, 07 Januari 2012



disusun oleh:
Tomi Jepisa
Astriani
Lusia Ika
Saripah Aini
Fransiska Yosi Astanti
PEMILIK USAHA
BERSAMA



JL. Morodadi Gang Rawa Mangun No. 05

HP : 085654569389

DAFTAR HALAMAN



         3.4    PROYEKSI PENJUALAN………………………………………………………...7
4.4    RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI…………………………………..10
B.    PETA LOKASI……………………………………………………………………20
C     FOTO PRODUK…………………………………………………………………..21
 

1.   RINGKASAN EKSEKUTIF

SINGKONG DAN PISANG KEJU MERUPAKAN JENIS USAHA DALAM BIDANG KULINER,DIMANA DALAM USAHA INI PENGGABUNGAN ANTARA RASA KEJU DAN SINGKONG ATAU PISANG ITU SENDIRI MENJADI SUATU HAL YANG BARU DALAM BIDANG KULINER.
RENCANA PENGEMBANGAN UNTUK USAHA KAMI, KAMI AKAN MENINGKATAN PENJUALAN DENGAN SINGKONG DAN PISANG YANG LEBIH BERKUALITAS DARI BAHAN BAKU SEBELUMNYA.

2.   LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1   DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Usaha
CEMILAN PSK

2.         Bidang Usaha
CEMILAN

3.         Jenis Produk
SINGKONG, PISANG DAN KEJU

4.         Alamat Perusahaan
JL. MORODADI GG. RAWAMANGUN NO. 05

5.         Nomor Telepon/Hp
085654569389



6.         Bank Usaha
BANK RAKYAT INDONESIA

7.         Bentuk Badan Hukum
-

8.         Nomor Akte Pendirian
-

9.         N P W P
-

10.     Mulai Berdiri
NOVEMBER 2011


2.2   BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
Tomi Jepisa
Astriani
Lusia Ika
Saripah Aini
F. Yosi .A


2.         Jabatan
PEMILIK USAHA BERSAMA

3.         Tempat dan Tanggal  Berdirinya Usaha
Pontianak, 02 November 2011

4.         Alamat Rumah
JL. Morodadi Gg. Rawamangun No. 05

5.         Nomor Telepon
085654569389

6.         Nomor Fax
-

7.         Alamat E-mail

8.         Pendidikan Terakhir
SMA

2.3   STRUKTUR ORGANISASI

                



2.4   SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM


NAMA
JUMLAH SAHAM
NILAI SAHAM
PERSENTASE
TOMI JEPISA

100.000
60%
ASTRIANI

25.000
10%
LUSIA IKA

25.000
10%
SARIPAH AINI

30.000
10%
F.YOSI  ASTANTI

25.000
10%
TOTAL

205.000
100%



3.   ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

1.Singkong Keju
2.Pisang Keju


KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

1.         AMAN TANPA BAHAN PENGAWET
2.         SEHAT DAN ENAK
3.         KUALITAS TERJAMIN DAN HALAL
4.         MURAH MERIAH

3.2   GAMBARAN PASAR

DATA NILAI PENJUALAN (November 2011)

Pada minggu ke-1 Terkendala oleh kurangnnya promosi produk

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

    PERSONAL SELLING
Pemasarn produk kami melalui dari mulut ke mulut, mulai dari tetangga, keluarga dengan memberikan harga yang terjangkau dan rasa yang menggugah selera. Dan hasilnya lebih cepat dari yang kami duga, banyak yg mengetahui dan mempercepat proses pemasaran usaha kami................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    BROSUR
Kami juga menyebarkan dengan menggunakan brosur, dan membagikan kepada pelanggan pelanggan kami pada saat mereka membeli produk kami..Hasilnya banyak pelanggan baru yg mengetahui melalui brosur yg disebarkan juga oleh pelanggan tetap kami.............................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................



3.3   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

Pembeli atau pelanggan kami kebanyakan dari orang yang suka dengan cemilan yang enak dan sehat seperti para mahasiswa, baik wanita maupun pria, Ataupun para orang tua dan anak-anak yang senang dengan cemilan yang sehat dan bergizi.

3.4   PROYEKSI PENJUALAN




Dari tahun ke tahun usaha kami mengalami peningkatan drastis, serta banyaknya dukungan moril dari keluarga agar usaha kami tetap berlanjut.


3.5   STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
Tiap hari kami akan melakukan pembaharuan dari produk kami agar para pelanggan kami tidak kecewa dengan produk yang kami buat ............................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Untuk sementara kami hanya memasarkan di daerah sekitar usaha kami.
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan penyebaran Brosur-brosur oleh para pelanggan kami,dengan harga produk yang sesuai kantong tiap kalangan............................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami tetap akan memberikan hasil yang maksimal untuk produk kami agar para konsumen tidak kecewa dan kami mematok harga yang dapat terjangkau oleh setiap kalangan........................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

3.6   ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
WARUNG CEMILAN LAINNYA
1.         LEBIH BANYAK CEMILAN YANG DISAJIKAN
2.         MURAH
1.         RASA MERAGUKAN
2.         KEBERSIHAN BELUM TERJAMIN
CAFE
1.         KEBERSIHAN TERJAMIN
2.         FASILITAS LENGKAP
1.         MAHAL
2.         MENGGUNAKAN PENGAWET


3.7   SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1.     Wilayah Pemasaran
√     Lokal ..................... 100. %

2.     Jalur Distribusi
     Individu


3.     Alamat  Penjualan (Pemilik Usaha)
JL. Morodadi Gg. Waramanggun No.05




4.   ANALISIS PRODUKSI

4.1   PROSES PRODUKSI

PROSES PRODUKSI
TEKNOLOGI
PEMOTONGAN
Tradisional
PENGOLAHAN
     Tradisional


KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

1.         Lebih Higienis
2.         Terjamin Kebersihannya

4.2   BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA/HARI
SUMBER
PISANG
2 TANDAN
PASAR DAHLIA
SINGKONG
10 KG
PASAR KEMUNING
KEJU
1 KOTAK
TOKO atau MINIMARKET

BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA/HARI
SUMBER
SUSU
4 KALENG
TOKO atau MINIMARKET
BUMBU DAPUR
2 BUNGKUS
TOKO atau MINIMARKET


4.4   RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.         ADVERTISING USAHA MELALUI BROSUR DAN RADIO
2.         PENAMBAHAN MENU-MENU TERBARU
3.         PENGEMBANGAN WILAYAH PASAR



5.   ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1   ANALISIS KOMPETENSI SDM

     

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.         UNTUK BAG.ACOUNTING MEMILIKI KEAHLIAN KOMPUTER
2.         JURU MASAK YANG HANDAL
3.         BAG.PEMASARAN YANG CEKATAN


6.   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

    STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami melalui mulit kemulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak maka kami memulai dengan penyebaran brosur kepada teman-teman terdekat kami dan kerumah rumah penduduk.
Setelah Usaha kami berkembang sedikit demi sedikit, saya memberanikan diri dengan melakukan pemasaran lewat radio ............................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya melakukan pencatatan pesanan para pelanggan saya,kemudian langsung belanja bahan-bahan yang diperlukan. Setelah semua bahan terkumpul,baru lah kami memulai pembuatan produk kami. Dimana ada yang memotong-motong bahan baku seperti singkong dan mengupas pisang. Kemudian setelah itu masuk ketahap pencucian dan pembumbuan. Setelah proses pembumbuan selesai lanjut ke proses pemasakan hingga selesai. ....................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
_      1 Orang Manajer Yang menghandle pesanan para pelanggan, belanja ,dan memantau hasil kerja karyawan
Juru masak terdiri dari 3 orang,.............................................................................................
2 Orang bagian pemotongan bahan baku
1 Orang bagian Pengolahan
-           Acounting  1 Orang, untuk mengurus pengeluaran produksi dan pemasukan.

    STRATEGI KEUANGAN
Keuntungan yang kami dapatkan langsung dibagi untuk keperluan bahan baku, serta untuk pengurus/pemilik usaha......................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

6.2   TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Pemasaran Usaha




7.   ANALISIS KEUANGAN

7.1   LAPORAN KEUANGAN

CEMILAN PSK
TAHUN 2011


NOVEMBER 2011
NO
PEMASUKAN

1
MODAL
200.000

SUBTOTAL PENERIMAAN
200.000

PENGELUARAN

1
PISANG
24.000
2
KEJU
36.000
3
SINGKONG
30.000
4
M. GORENG
36.000

SUBTOTAL PENGELUARAN
126.000


8.   ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1   DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

  • Usaha lebih dikenal oleh masyarakat sekitar tempat tinggal
  • Jika bahan baku sulit diperoleh,kami bisa membeli bahan baku dari masyarakat sekitar.


8.2   DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN

  • Sampah bekas pengolahan menumpuk, jika pengakut sampah tidak datang tepat waktu
Membuat masyarakat sekitar terganggu akan bau sampah yang dikeluarkan.


8.3   ANALISIS RESIKO USAHA

  • Biasanya yang menjadi kendala yaitu bahan baku / bahan pokok dalam pembuatan produk seperti singkong,pisang, serta bumbu yang kadang-kadang naik tanpa sepengetahuan, membuat modal yang telah direncanakan seperti biasa harus bertambah karena kenaikan tersebut.

8.4   ANTISIPASI RESIKO USAHA

  • Untuk pencegahan naik turunnya harga barang pokok kami bekerja sama dengan agen di pasar dalam memasok keperluan untuk usaha kami, jika pun barang-barang tersebut naik, karena kita sudah berlanggan, kenaikan bisa diminimalisir.


LAMPIRAN

A.    ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

STRENGTH (KEKUATAN)
1.        PRODUK
    Harga jual
    Mutu produk
    Perlengkapan (feature) tambahan
    Pengemasan
Untuk Harga jual kami menyesuaikan dengan kantong para pembeli kami. Kwalitas pasti terjamin kehegienisannya,serta kami menyediakan tempat tunggu untuk para pelanggan kami.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
Untuk mempromosikan usaha cemilan kami,kami melakukan penyebaran brosur .
3.        PELAYANAN PELANGGAN
    Keramahan pelayanan
Untuk keramahan tetap akan kami terapkan mulai dari pemesanan sampai produk yang telah dipesan siap menggoyang lidah para pembeli kami.
4.        ORGANISASI DAN SD
    Tingkat keahlian khusus


    Tingkat pendidikan
    Pengalaman kerja
    Jumlah tenaga kerja
Untuk tingkat keahlian, seperti juru masak  sangat diperlukan agar tercipta suatu inovasi terbaru,
Karena usaha kami belumlah sebesar perusahaan, maka tingkat pendidikan yg tinggi belumlah menjadi patokan bagi kami,karena kami lebih memerlukan skill khusus untuk usaha kami.
Begitu juga untuk pengalaman sama seperti keahlian diatas juga dibutuhkan bagi usaha kami.
Untuk jumlah tenaga  kerja kami belum membutuhkan tenaga yang cukup besar ,karena usaha kami belumlah terlalu besar.

5.        SISTEM MANAJEMEN
    Sistem pembukuan (akuntansi)
    Sistem administrasi
Disini kami menggunakan tenaga Accounting untuk menghitung dana keluar danmasuk untuk kelancaran produksi kami.
Tenaga accounting disini juga merangkap sebgai juru bayar untuk penggajian karyawan, dll.
6.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Kemampuan pemenuhan order
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Karena usaha kami ini dimulai melalui pemesanan secara langsung, maka kapasitas produksi disesuaikan dengan jumlah pemesanan tersebut, dan dari situ bisa dilihat berapa besar biaya untuk memproduksi suatu menu serta jumlahnya.
Untuk kemampuan orderan kami terima berapapun asal telah disepakati jauh-jauh hari.
Untuk penangganan limbah produksi kami, kami telah membayar pengambil sampah khusus yg datang setiap hari mulai pukul 06.00 wib.
7.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi modern
Untuk teknologi kami menggunakan internet untuk melihat inovasi terbaru, serta cara pengembangan usaha kami.

WEAKNESS (KELEMAHAN)
1.        PRODUK
    Harga jual
Untuk harga,kami sesuaikan dengan produk yang kami jual,pastinya tidak menguras kantong para pembeli.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan

Untuk promosi sering terkandala pada saat penyebaran brosur karena terkadang orang hanya membacanya sekilas setelah itu membuangnya.
3.        ORGANISASI DAN SDM

Untuk tenaga kerja kami masih mencari sebagai juru masak, karena pada saat ini juru masak kami kurang.
4.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Karena harga bahan pokok yang terkadang naik dan turun membuat perencanaan produksi kami macet. Hanya saja kenaikan bahan pokok tersebut tidak melambung tinggi sehingga tidak berpengaruh besar terhadap harga produksi. Untuk penangganan limbah terkadang pengambil sampah datangnya telat, membuat sampah produksi meluber ke jalan serta menimbulkan bau tak sedap dan pemandangn yang kurang enak.


OPPORTUNITIES (PELUANG)
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis
Pada saat ini usaha cemilan yang berbau pisang dan singkong belum lah banyak di Kapuas Hulu,sehingga dapat memudahkan kami dalam pengembangan usaha ini.
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Tingkat suku bunga kredit
Sampai saat ini  kami menjalin kerjasama dengan Bank Kalbar sebagai mitra usaha .
Untuk tingakt suku bunga kredit juga tidak terlalu tinggi.
3.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
Untuk pangsa pasar di Kapuas Hulu cukup merespon usaha kami ini, Karena kami ingin menjadi yang utama dalam Usaha ini, dan dikenal oleh para konsumen.
4.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi

Karena semakin canggih teknologi sekarang, maka untuk mempercepat produksi kami, kami membeli peralatan seperti mesin-mesin yang canggih untuk mempercepat pemprosesan produksi.
5.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
Pencarian tenaga yang sesuai kebutuhan masih tetap kami butuhkan sampai sekarang, tapi tidak terlalu banyak, melihat usaha kami yang baru mulai berkembang ini.
6.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Ketersediaan bahan baku
Untuk bahan baku, kami usahakan yang masih segar dan langsung diproses disesuaikan kebutuhan pelanggan, Jadi tidak terjadi kemubaziran dalam pembuatan menu.
7.        MASYARAKAT SEKITAR
    Sikap masyarakat terhadap produk
Masyarakat merespon baik usaha kami ini, karena tidak membuat keributan, pencemaran udara,.

THREATS (HAMBATAN)
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis

Makin banyaknya warung cemilan di tepi jalan yang harganya lebih murah, serta cafe tempat ngumpul berbagai kalangan  yang membuat orang tidak mau terlalu repot.
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Tingkat suku bunga kredit
Untuk pencairan dana permodalan usaha cukup lama, terkadang kami harus meminjam dulu kepada keluarga.
Tingkat suku bunga yang kadang berubah-ubah membuat kami bingung, walaupun masih dibatas kewajaran.
3.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
Karena tidak semua masyarakat mengetahui usaha kami ini. Maka dalam hal ini kami lebih giat dalam mempromosikan usaha kami.
4.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi

Untuk mempercepat proses produkasi memerlukan peralatan yang canggih, tapi barang tersebut tidak semua ada di Kapuas Hulu, selebihnya dipesan dulu dan harganya cukup mahal.
5.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan

Dalam mencari tenaga kerja sesuai kebutuhan tidaklah sulit, tapi jika pengalaman kurang membuat sedikit hambatan bagi usaha kami.
6.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Fluktuasi harga bahan baku
    Ketersediaan bahan baku
Untuk bahan baku seperti pisang yang masih fresh terkadang kami langsung memprosesnya sesuai pemesan.
7.        MASYARAKAT SEKITAR
    Sikap masyarakat terhadap produk
Belum terlalu mengetahui secara pasti usaha kami dikarenakan kurang info mengenai usaha ini.


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar