Rencana Bisnis
Cemilan PSK
|
SIAP MELAYANI ANDA
Pontianak, 07
Januari 2012
disusun
oleh:
Tomi Jepisa
Astriani
Lusia Ika
Saripah Aini
Fransiska Yosi Astanti
PEMILIK
USAHA
BERSAMA
JL. Morodadi Gang Rawa Mangun No. 05
HP :
085654569389
DAFTAR HALAMAN
3.4 PROYEKSI PENJUALAN………………………………………………………...7
4.4 RENCANA PENGEMBANGAN
PRODUKSI…………………………………..10
B. PETA LOKASI……………………………………………………………………20
C FOTO PRODUK…………………………………………………………………..21
1. RINGKASAN EKSEKUTIF
SINGKONG DAN PISANG
KEJU MERUPAKAN JENIS USAHA DALAM BIDANG KULINER,DIMANA DALAM USAHA INI
PENGGABUNGAN ANTARA RASA KEJU DAN SINGKONG ATAU PISANG ITU SENDIRI MENJADI
SUATU HAL YANG BARU DALAM BIDANG KULINER.
RENCANA PENGEMBANGAN UNTUK USAHA KAMI,
KAMI AKAN MENINGKATAN PENJUALAN DENGAN SINGKONG DAN PISANG YANG LEBIH BERKUALITAS DARI BAHAN BAKU SEBELUMNYA.
|
2. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
2.1 DATA PERUSAHAAN
1.
Nama Usaha
|
CEMILAN PSK
|
2.
Bidang Usaha
|
CEMILAN
|
3.
Jenis Produk
|
SINGKONG, PISANG DAN
KEJU
|
4.
Alamat Perusahaan
|
JL. MORODADI GG. RAWAMANGUN
NO. 05
|
5.
Nomor Telepon/Hp
|
085654569389
|
6.
Bank Usaha
|
BANK RAKYAT INDONESIA
|
7.
Bentuk Badan Hukum
|
-
|
8.
Nomor Akte Pendirian
|
-
|
9.
N P W P
|
-
|
10.
Mulai Berdiri
|
NOVEMBER 2011
|
2.2 BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.
Nama
|
Tomi Jepisa
Astriani
Lusia Ika
Saripah Aini
F. Yosi .A
|
2.
Jabatan
|
PEMILIK USAHA BERSAMA
|
3.
Tempat dan Tanggal Berdirinya Usaha
|
Pontianak, 02 November
2011
|
4.
Alamat Rumah
|
JL. Morodadi Gg.
Rawamangun No. 05
|
5.
Nomor Telepon
|
085654569389
|
6.
Nomor Fax
|
-
|
7.
Alamat E-mail
|
8.
Pendidikan Terakhir
|
SMA
|
2.3 STRUKTUR ORGANISASI
2.4 SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM
NAMA
|
JUMLAH SAHAM
|
NILAI SAHAM
|
PERSENTASE
|
TOMI JEPISA
|
100.000
|
60%
|
|
ASTRIANI
|
25.000
|
10%
|
|
LUSIA IKA
|
25.000
|
10%
|
|
SARIPAH AINI
|
30.000
|
10%
|
|
F.YOSI ASTANTI
|
25.000
|
10%
|
|
TOTAL
|
205.000
|
100%
|
3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN
1.Singkong Keju
2.Pisang Keju
|
KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
1.
AMAN TANPA BAHAN PENGAWET
2.
SEHAT DAN
ENAK
3.
KUALITAS TERJAMIN DAN HALAL
4.
MURAH
MERIAH
|
3.2 GAMBARAN PASAR
DATA NILAI PENJUALAN (November 2011)
Pada minggu ke-1 Terkendala oleh kurangnnya
promosi produk
|
KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN
PERSONAL SELLING
Pemasarn produk kami melalui dari mulut ke mulut, mulai dari
tetangga, keluarga dengan memberikan harga yang terjangkau dan rasa yang menggugah selera. Dan hasilnya lebih cepat dari yang kami duga, banyak yg
mengetahui dan mempercepat proses pemasaran usaha kami................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
BROSUR
Kami juga menyebarkan dengan menggunakan brosur, dan membagikan kepada pelanggan
pelanggan kami pada saat mereka
membeli produk kami..Hasilnya banyak pelanggan baru
yg mengetahui melalui brosur yg disebarkan juga oleh pelanggan tetap kami.............................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
3.3 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA
Pembeli atau pelanggan kami kebanyakan
dari orang yang suka dengan cemilan
yang enak dan sehat seperti para mahasiswa, baik wanita
maupun pria, Ataupun para orang tua
dan anak-anak yang senang dengan cemilan yang sehat dan bergizi.
|
3.4 PROYEKSI PENJUALAN
Dari tahun ke tahun usaha kami mengalami
peningkatan drastis, serta banyaknya dukungan moril dari keluarga agar usaha
kami tetap berlanjut.
|
3.5 STRATEGI PEMASARAN
PENGEMBANGAN PRODUK
Tiap hari kami akan melakukan pembaharuan dari produk kami agar para pelanggan kami tidak kecewa dengan
produk yang kami buat ............................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
PENGEMBANGAN WILAYAH
PEMASARAN
Untuk sementara kami hanya memasarkan di daerah sekitar usaha kami.
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan penyebaran Brosur-brosur oleh para pelanggan kami,dengan harga produk yang sesuai
kantong tiap kalangan............................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami tetap akan
memberikan hasil yang maksimal untuk produk kami agar para konsumen tidak
kecewa dan kami mematok harga yang dapat terjangkau oleh setiap kalangan........................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
3.6 ANALISIS PESAING
PESAING
|
KEUNGGULAN
|
KELEMAHAN
|
WARUNG CEMILAN LAINNYA
|
1.
LEBIH BANYAK CEMILAN YANG DISAJIKAN
2.
MURAH
|
1.
RASA
MERAGUKAN
2.
KEBERSIHAN BELUM TERJAMIN
|
CAFE
|
1.
KEBERSIHAN TERJAMIN
2.
FASILITAS LENGKAP
|
1.
MAHAL
2.
MENGGUNAKAN PENGAWET
|
3.7 SALURAN DISTRIBUSI
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
1. Wilayah Pemasaran
|
√ Lokal ..................... 100. %
|
2. Jalur Distribusi
|
√ Individu
|
3. Alamat Penjualan (Pemilik Usaha)
|
JL. Morodadi Gg. Waramanggun No.05
|
4. ANALISIS PRODUKSI
4.1 PROSES PRODUKSI
PROSES
PRODUKSI
|
TEKNOLOGI
|
PEMOTONGAN
|
Tradisional
|
PENGOLAHAN
|
Tradisional
|
KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI
1.
Lebih Higienis
2.
Terjamin Kebersihannya
|
4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA
BAHAN BAKU |
KEBUTUHAN
RATA-RATA/HARI
|
SUMBER
|
PISANG
|
2 TANDAN
|
PASAR DAHLIA
|
SINGKONG
|
10 KG
|
PASAR KEMUNING
|
KEJU
|
1 KOTAK
|
TOKO atau MINIMARKET
|
BAHAN PENOLONG |
KEBUTUHAN
RATA-RATA/HARI
|
SUMBER
|
SUSU
|
4 KALENG
|
TOKO atau MINIMARKET
|
BUMBU DAPUR
|
2 BUNGKUS
|
TOKO atau MINIMARKET
|
4.4 RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
1.
ADVERTISING
USAHA MELALUI BROSUR DAN RADIO
2.
PENAMBAHAN
MENU-MENU TERBARU
3.
PENGEMBANGAN
WILAYAH PASAR
|
5. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)
5.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM
KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN
1.
UNTUK BAG.ACOUNTING MEMILIKI
KEAHLIAN KOMPUTER
2.
JURU MASAK YANG HANDAL
3.
BAG.PEMASARAN YANG CEKATAN
|
6. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
6.1 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami
melalui mulit kemulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak
maka kami memulai dengan penyebaran brosur kepada teman-teman terdekat kami dan kerumah
rumah penduduk.
Setelah Usaha kami berkembang sedikit demi sedikit, saya
memberanikan diri dengan melakukan pemasaran lewat radio ............................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya melakukan pencatatan pesanan para pelanggan saya,kemudian langsung
belanja bahan-bahan yang diperlukan. Setelah semua bahan terkumpul,baru lah
kami memulai pembuatan produk kami. Dimana ada yang memotong-motong bahan
baku seperti singkong dan mengupas pisang. Kemudian setelah itu masuk ketahap
pencucian dan pembumbuan. Setelah proses pembumbuan selesai lanjut ke proses
pemasakan hingga selesai. ....................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
STRATEGI ORGANISASI DAN
SDM
_ 1 Orang Manajer Yang
menghandle pesanan para pelanggan, belanja ,dan memantau hasil kerja karyawan
Juru masak terdiri dari 3 orang,.............................................................................................
2 Orang bagian pemotongan bahan baku
1 Orang bagian Pengolahan
-
Acounting 1 Orang, untuk mengurus pengeluaran produksi dan pemasukan.
|
STRATEGI KEUANGAN
Keuntungan yang kami dapatkan langsung dibagi
untuk keperluan bahan baku, serta untuk pengurus/pemilik usaha......................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
|
6.2 TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
KEGIATAN |
bulan
ke -
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
Pemasaran Usaha
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
7. ANALISIS KEUANGAN
7.1 LAPORAN KEUANGAN
CEMILAN PSK
TAHUN 2011
NOVEMBER 2011
|
||
NO
|
PEMASUKAN
|
|
1
|
MODAL
|
200.000
|
SUBTOTAL PENERIMAAN
|
200.000
|
|
PENGELUARAN
|
||
1
|
PISANG
|
24.000
|
2
|
KEJU
|
36.000
|
3
|
SINGKONG
|
30.000
|
4
|
M. GORENG
|
36.000
|
SUBTOTAL PENGELUARAN
|
126.000
|
8. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
8.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
|
8.2 DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN
Membuat masyarakat sekitar terganggu akan bau sampah yang dikeluarkan.
|
8.3 ANALISIS RESIKO USAHA
|
8.4 ANTISIPASI RESIKO USAHA
|
LAMPIRAN
A. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS
STRENGTH
(KEKUATAN)
|
|
1.
PRODUK
Harga jual
Mutu produk
Perlengkapan (feature)
tambahan
Pengemasan
|
Untuk Harga jual kami menyesuaikan dengan kantong para pembeli kami. Kwalitas pasti terjamin kehegienisannya,serta kami menyediakan tempat tunggu untuk para pelanggan
kami.
|
2.
FUNGSI PEMASARAN
Promosi dan iklan
|
Untuk mempromosikan usaha cemilan kami,kami
melakukan penyebaran brosur .
|
3.
PELAYANAN PELANGGAN
Keramahan pelayanan
|
Untuk keramahan tetap akan kami terapkan
mulai dari pemesanan sampai produk yang telah dipesan siap menggoyang lidah para pembeli kami.
|
4.
ORGANISASI DAN SD
Tingkat keahlian khusus
Tingkat pendidikan
Pengalaman kerja
Jumlah tenaga kerja
|
Untuk tingkat keahlian, seperti juru
masak sangat diperlukan agar tercipta
suatu inovasi terbaru,
Karena usaha kami belumlah sebesar
perusahaan, maka tingkat pendidikan yg tinggi belumlah menjadi patokan bagi
kami,karena kami lebih memerlukan skill khusus untuk usaha kami.
Begitu juga untuk pengalaman sama seperti
keahlian diatas juga dibutuhkan bagi usaha kami.
Untuk jumlah tenaga kerja kami belum membutuhkan tenaga yang
cukup besar ,karena usaha kami belumlah terlalu besar.
|
5.
SISTEM MANAJEMEN
Sistem pembukuan
(akuntansi)
Sistem administrasi
|
Disini kami menggunakan tenaga Accounting
untuk menghitung dana keluar danmasuk untuk kelancaran produksi kami.
Tenaga accounting disini juga merangkap
sebgai juru bayar untuk penggajian karyawan, dll.
|
6.
PRODUKSI
Biaya produksi
Perencanaan produksi
Kapasitas produksi
Kemampuan pemenuhan order
Fasilitas produksi
Penanganan limbah
produksi
|
Karena usaha kami ini dimulai melalui
pemesanan secara langsung, maka kapasitas produksi disesuaikan dengan jumlah pemesanan
tersebut, dan dari situ bisa dilihat berapa besar biaya untuk memproduksi
suatu menu serta jumlahnya.
Untuk kemampuan orderan kami terima
berapapun asal telah disepakati jauh-jauh hari.
Untuk penangganan limbah produksi kami,
kami telah membayar pengambil sampah khusus yg datang setiap hari mulai pukul
06.00 wib.
|
7.
TEKNOLOGI
Penggunaan teknologi
modern
|
Untuk teknologi kami menggunakan internet
untuk melihat inovasi terbaru, serta cara pengembangan usaha kami.
|
WEAKNESS
(KELEMAHAN)
|
|
1.
PRODUK
Harga jual
|
Untuk harga,kami sesuaikan dengan produk yang kami jual,pastinya tidak
menguras kantong para pembeli.
|
2.
FUNGSI PEMASARAN
Promosi dan iklan
|
Untuk promosi sering terkandala pada saat
penyebaran brosur karena terkadang orang hanya membacanya sekilas setelah itu
membuangnya.
|
3.
ORGANISASI DAN SDM
|
Untuk tenaga kerja kami masih mencari
sebagai juru masak, karena pada saat ini juru masak kami kurang.
|
4.
PRODUKSI
Biaya produksi
Perencanaan produksi
Kapasitas produksi
Fasilitas produksi
Penanganan limbah
produksi
|
Karena harga bahan pokok yang terkadang
naik dan turun membuat perencanaan produksi kami macet. Hanya saja kenaikan bahan pokok tersebut tidak
melambung tinggi sehingga tidak berpengaruh besar terhadap harga produksi. Untuk penangganan limbah terkadang pengambil sampah datangnya
telat, membuat sampah produksi meluber ke jalan serta menimbulkan bau tak
sedap dan pemandangn yang kurang enak.
|
OPPORTUNITIES
(PELUANG)
|
|
1.
PERSAINGAN
Persaingan untuk usaha
sejenis
|
Pada saat ini usaha cemilan yang berbau pisang dan singkong belum
lah banyak di Kapuas Hulu,sehingga dapat memudahkan kami dalam pengembangan
usaha ini.
|
2.
PEMODALAN
Hubungan
dengan lembaga keuangan (perbankan)
Tingkat suku bunga kredit
|
Sampai saat ini kami menjalin kerjasama dengan Bank Kalbar
sebagai mitra usaha .
Untuk tingakt suku bunga kredit juga
tidak terlalu tinggi.
|
3.
PELUANG PASAR
Akses dan informasi pasar
Permintaan pasar
Perilaku pasar
|
Untuk pangsa pasar di Kapuas Hulu cukup
merespon usaha kami ini, Karena kami ingin menjadi yang utama dalam Usaha
ini, dan dikenal oleh para konsumen.
|
4.
KEMAJUAN TEKNOLOGI
Perkembangan teknologi
produksi
|
Karena semakin canggih teknologi
sekarang, maka untuk mempercepat produksi kami, kami membeli peralatan
seperti mesin-mesin yang canggih untuk mempercepat pemprosesan produksi.
|
5.
TENAGA KERJA
Ketersediaan tenaga kerja
sesuai kebutuhan
|
Pencarian tenaga yang sesuai kebutuhan
masih tetap kami butuhkan sampai sekarang, tapi tidak terlalu banyak, melihat
usaha kami yang baru mulai berkembang ini.
|
6.
BAHAN BAKU
Mutu bahan baku
Ketersediaan bahan baku
|
Untuk bahan baku, kami usahakan yang
masih segar dan langsung diproses disesuaikan kebutuhan pelanggan, Jadi tidak
terjadi kemubaziran dalam pembuatan menu.
|
7.
MASYARAKAT SEKITAR
Sikap masyarakat terhadap
produk
|
Masyarakat merespon baik usaha kami ini,
karena tidak membuat keributan, pencemaran udara,.
|
THREATS
(HAMBATAN)
|
|
1.
PERSAINGAN
Persaingan untuk usaha
sejenis
|
Makin banyaknya warung cemilan di tepi
jalan yang harganya lebih murah, serta cafe tempat ngumpul berbagai kalangan yang membuat orang tidak mau terlalu repot.
|
2.
PEMODALAN
Hubungan
dengan lembaga keuangan (perbankan)
Tingkat suku bunga kredit
|
Untuk pencairan dana permodalan usaha
cukup lama, terkadang kami harus meminjam dulu kepada keluarga.
Tingkat suku bunga yang kadang
berubah-ubah membuat kami bingung, walaupun masih dibatas kewajaran.
|
3.
PELUANG PASAR
Akses dan informasi pasar
Permintaan pasar
Perilaku pasar
|
Karena tidak semua masyarakat mengetahui
usaha kami ini. Maka dalam hal ini kami lebih giat dalam mempromosikan usaha
kami.
|
4.
KEMAJUAN TEKNOLOGI
Perkembangan teknologi
produksi
|
Untuk mempercepat proses produkasi
memerlukan peralatan yang canggih, tapi barang tersebut tidak semua ada di Kapuas Hulu, selebihnya
dipesan dulu dan harganya cukup mahal.
|
5.
TENAGA KERJA
Ketersediaan tenaga kerja
sesuai kebutuhan
|
Dalam mencari tenaga kerja sesuai
kebutuhan tidaklah sulit, tapi jika pengalaman kurang membuat sedikit
hambatan bagi usaha kami.
|
6.
BAHAN BAKU
Mutu bahan baku
Fluktuasi harga bahan baku
Ketersediaan bahan baku
|
Untuk bahan baku seperti pisang yang masih fresh terkadang kami langsung
memprosesnya sesuai pemesan.
|
7.
MASYARAKAT SEKITAR
Sikap masyarakat terhadap
produk
|
Belum terlalu mengetahui secara pasti
usaha kami dikarenakan kurang info mengenai usaha ini.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar