Jumat, 13 Januari 2012

proposal bisnis makanan ringan


Rencana Bisnis
GO “RANK”
MAKANAN RINGAN (KUDAPAN)





Pontianak, 20 Oktober 2011



disusun oleh:
ENDAH KUSUMANINGSIH - KETUA
DEBI PRISKARLA – DIVISI PEMASARAN
DESI NURFINA – DIVISI PRODUKSI
ERLI MARLIDA – DIVISI KEUANGAN
JULIANA SEPTIANI SINAGA – DIVISI SDM
KARNILA - PERSONALIA



JL PERINTIS GG BUNTU
NO TELEPON 085753900969

DAFTAR HALAMAN



2.3    STRUKTUR ORGANISASI................................................................................... 7
         2.4    SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM................................................... 8

3     PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN........................................... 8
3.1    PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN............................................................. 8
3.2    GAMBARAN PASAR............................................................................................ 9
3.3   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU………………………….. 10       
3.4    STRATEGI PEMASARAN.................................................................................. 10
3.5    ANALISIS PESAING........................................................................................... 11
         3.6 SALURAN DISTRIBUSI........................................................................................ 12

4.    ANALISIS PRODUKSI..................................................................... 12
4.1 PROSES PRODUKSI.............................................................................................. 12
4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA....................................................... 13
4.3 KAPASITAS PRODUKSI....................................................................................... 13
4.4    RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI................................................... 14
5.      ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA.................................................................. 14
5.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM............................................................................ 14
5.2    ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM........................... 14
5.3RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM........................................ 15
         6.1    RENCANA PENGEMBANGAN USAHA......................................................... 16
         6.2    TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA................................................. 17
7.      ANALISIS KEUANGAN............................................................................................. 18
         7.1    LAPORAN KEUANGAN.................................................................................... 18
7.2    RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI………………………………………. 21
7.3   RENCANA ARUS KAS (KAS FLOW)…………………………………………. 22
7.4    RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN............................................................ 24
         7.5    RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN........................................ 24
         7.6AGUNAN YANG DIMILIKI.................................................................................. 24
8.1    DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR........................................ 24
8.2    DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN........................................................... 24
8.3    ANALISIS RESIKO USAHA.............................................................................. 24
8.4    ANTISIPASI RESIKO USAHA.......................................................................... 24

LAMPIRAN............................................................................................................................ 26
A.     ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS........................................................................... 26
B.    PETA LOKASI................................................................................................................ 32
C     FOTO PRODUK………………………………………………………………….......... 33
 

1.   RINGKASAN EKSEKUTIF

 “ GO “RANK” “ MERUPAKAN SEBUAH USAHA DALAM BIDANG MAKANAN (KUDAPAN) YANG MENAWARKAN INOVASI BARU DARI SALAH SATU JENIS KUDAPAN YANG UMUM DIKENAL SEBAGAI GORENGAN. USAHA INI DIMULAI DARI SEBUAH MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PROGAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA STKIP PGRI PONTIANAK DENGAN SEBUAH GAGASAN UNTUK MENGENALKAN KEPADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PRAKTEK BISNIS DI DUNIA NYATA.
USAHA INI MENAWARKAN SAJIAN DAN CITA RASA LAIN DARI KUDAPAN GORENGAN YANG SUDAH UMUM DI TEMUKAN. SALAH SATU FOKUS USAHA INI ADALAH MENJADIKAN GORENGAN TIDAK LAGI HANYA SEBAGAI MAKANAN PINGGIR JALAN YANG JAUH DARI KESAN MODERN, TAPI JUGA MEMPUNYAI STANDAR TERSENDIRI UNTUK BERSAING DENGAN MAKANAN-MAKANAN MODERN LAINNYA.
KAMI BERENCANA MENGEMBANGKAN USAHA KAMI DENGAN MENGHADIRKAN VARIAS-VARIASI MENU TERBARU DAN DENGAN TARGET PEMASARAN YANG LUAS, YAITU DALAM JANGKA PENDEK MENGHADIRKAN PRODUK KAMI DI PUSAT-PUSAT PERBELANJAAN. UNTUK ITU KAMI MEMBUTUHKAN DANA SEBESAR RP 400.000.000,00 DENGAN JANGKA WAKTU 3-4 TAHUN, SERTA DENGAN AGUNAN YANG TELAH DISEPAKATI BERSAMA.

2.   LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1   DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Usaha
GO “RANK”

2.         Bidang Usaha
KUDAPAN SIAP SAJI

3.         Jenis Produk
MAKANAN

4.         Alamat Perusahaan
JL. PERINTIS GG. BUNTU

5.         Nomor Telepon/Fax
-



6.         Bank Usaha
BANK KALBAR PONTIANAK

7.         Bentuk Badan Hukum
-

8.         Nomor Akte Pendirian
-

9.         N P W P


10.     Mulai Berdiri
2009


2.2      BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1. KETUA
1.         Nama
ENDAH KUSUMANINGSIH

2.         Jabatan
KETUA

3.         Tempat dan Tanggal Lahir
SANGGAU, 14 OKTOBER 1992

4.         Alamat Rumah
JL. PERINTIS GG. BUNTU

5.         Nomor Telepon
085753900969

6.         Nomor Fax
-

7.         Alamat E-mail
hisgninamusukhadne@gmail.com

8.         Pendidikan Terakhir
SMAN 1 SANGGAU

9.         Pengalaman Kerja
-

2. DIVISI PEMASARAN
  1. Nama
DEBI PRISKARLA

  1. Jabatan
DIVISI PEMASARAN

  1. Tempat dan Tanggal Lahir
PEMANGKAT, 23 AGUSTUS 1992

  1. Alamat Rumah
JL KARYA KOMPLEK MUTIARA KORPRI MANDIRI B2

  1. Nomor Telepon
085753529591

  1. Nomor Fax
-

  1. Alamat E-mail
debipriskarla@gmail.com

  1. Pendidikan Terakhir
SMAN 1 PEMANGKAT

  1. Pengalaman Kerja
-
3. DIVISI KEUANGAN
  1. Nama
ERLI MARLIDA

  1. Jabatan
DIVISI KEUANGAN

  1. Tempat dan Tanggal Lahir
SINTANG, 21 AGUSTUS 1992

  1. Alamat Rumah
JL. ILHAM GG. PERMAI 3

  1. Nomor Telepon
085393603446

  1. Nomor Fax
-

  1. Alamat E-mail
erlymarlida@gmail.com

  1. Pendidikan Terakhir
SMAN 1 NANGA PINOH

  1. Pengalaman Kerja
-


4. DIVISI PRODUKSI
  1. Nama
DESI NURFINA

  1. Jabatan
DIVISI PRODUKSI

  1. Tempat dan Tanggal Lahir
NANGA TAMAN, 13 DESEMBER 1992

  1. Alamat Rumah
JL. TEBU KOMPLEK DWI RATNA INDAH II NO 15 A

  1. Nomor Telepon
085393653992

  1. Nomor Fax
-

  1. Alamat E-mail
dnurfina@gmail.com

  1. Pendidikan Terakhir
SMAN 1 NANGA TAMAN

  1. Pengalaman Kerja
-







5. DIVISI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
  1. Nama
JULIANA SEPTIANI SINAGA

  1. Jabatan
DIVISI SDM

  1. Tempat dan Tanggal Lahir
PONTIANAK, 7 SEPTEMBER 1992

  1. Alamat Rumah
Jln.Dr.Wahidin.S. Gang Sepakat 3 No.12

  1. Nomor Telepon
085654533685

  1. Nomor Fax
-

  1. Alamat E-mail
julianaseptiani@gmail.com

  1. Pendidikan Terakhir
SMA K IMANUEL PONTIANAK

  1. Pengalaman Kerja
-

6. PERSONALIA
  1. Nama
KARNILA

  1. Jabatan
PERSONALIA

  1. Tempat dan Tanggal Lahir
KUMPANG, 6 OKTOBER 1989

  1. Alamat Rumah
JL DANAU SENTARUM GG KALIBENING

  1. Nomor Telepon
085654384767

  1. Nomor Fax
-

  1. Alamat E-mail

  1. Pendidikan Terakhir
SMAN 1 TOHO

  1. Pengalaman Kerja
-






2.3   STRUKTUR ORGANISASI

ENDAH KUSUMANINGSIH
KETUA
 
 







2.4   SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM




3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

SEMENTARA INI VARIASI MENU YANG KAMI TAWARKAN ANTARA LAIN:
1.      BAKWAN GORENG
2.      PISANG GORENG
3.      TAHU ISI GORENG
4.      TEMPE GORENG
5.      LUMPIA GORENG
KELIMA VARIASI MENU TERSEBUT KAMI KEMAS DALAM 3 JENIS RASA SAJIAN YANG BERBEDA:
1.      ORIGINAL
2.      SPECIAL
3.      DELUXE
LIMA VARIASI MENU DENGAN TIGA JENIS SAJIAN RASA YANG BERBEDA TERSEBUT JUGA DILENGKAPI DENGAN SAUS KHUSUS RACIKAN KAMI YANG TERDIRI DARI DUA PILIHAN, ANTARA LAIN:
  1. SAUS SAMBAL TERASI
  2. SAUS SAMBAL RUJAK

KEDUA JENIS SAUS TERSEBUT KAMI SAJIKAN DENGAN LEVEL KEPEDASAN TERSENDIRI, SESUAI DENGAN PERMINTAAN KONSUMEN..
SAMBAL-SAMBAL YANG KAMI SAJIKAN DISINI SANGAT MENCERMINKAN CITA RASA INDONESIA.



KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

  1. TERBUAT DARI BAHAN BAKU YANG BERKUALITAS DAN HIGIENIS
  2. AMAN TANPA BAHAN PENGAWET DAN MSG
  3. HARGA BERSAING
  4. HALAL

3.2   GAMBARAN PASAR


KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

    PERSONAL SELLING
Pemasaran awal produk kami melalui face to face,dimana melalui mulut ke mulut, kemudian terus berkembang.
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    BROSUR
Kami juga menyebarkan dengan menggunakan brosur, dengan menyebarkannya pada pengendara di jalan raya. ......................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................


    MEDIA ONLINE
  Kami juga memasarkan produk kami melalui jaringan internet, baik itu melalui sosial media maupun melalui bisnis online.
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................


3.3   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

Pasar yang kami bidik adalah seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dan mulai dari masyarakat kelas menengah ke bawah, hingga masyarakat menengah ke atas.

 

3.4   STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
Kami terus berinovasi baik dalam hal cita rasa, variasi menu, dan pelayanan agar dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen. Juga dengan tetap mempertahankan originalitas bahan baku agar produk kami tetap punya standard an kualitas yang baik....................................................................................
...............................................................................................................................................

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Setelah membuka outlet di salah satu pusat perbelanjaan di kota Pontianak, kami berencana membuka kerja sama dengan beberapa mitra. Selain itu kami juga berupaya untuk membuka cabang dikota-kota lain.
...............................................................................................................................................

    KEGIATAN PROMOSI
Kami memperluas jaringan kami dengan juga memasarkan produk kami melalui internet dan social media selain dengan brosur, maupun flyer yang mulai tersebar
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami menyediakan produk dengan harga terjangkau, namun tetap mengedepankan kualitas dan mutu yang tinggi. Namun untuk pengembangan selanjutnya, dengan inovasi baru kami juga akan menetapkan harga baru sesuai dengan produk tersebut. Namun tentu saja dengan di imbangi standar yang baik pula..           
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................


3.5   ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
BERBAGAI JENIS USAHA SERUPA
1.         MURAH
2.         TERSEBAR DI BANYAK TEMPAT
1.        KEBERSIHAN DIRAGUKAN
2.        RENTAN PENGGUNAAN BAHAN PENGAWET
3.        ORIGINALITAS BAHAN BAKU DIRAGUKAN
FAST FOOD
1.         KEBERSIHAN TERJAMIN
2.         FASILITAS LENGKAP
1.         MAHAL
2.         MENGGUNAKAN PENGAWET

3.6   SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1.     Wilayah Pemasaran
     Lokal ..................... 100. %

2.     Jalur Distribusi
     Individu


3.     Alamat  Penjualan (Pemilik Usaha)
JL. PERINTIS GG. BUNTU



4.   ANALISIS PRODUKSI

4.1   PROSES PRODUKSI

PROSES PRODUKSI
TEKNOLOGI
PREPARASI BAHAN BAKU
Manual
PEMOTONGAN
Manual dan menggunakan alat (mesin) penunjang
PEMBUMBUAN
Manual
PENGOLAHAN
Manual dan menggunakan alat (mesin) penunjang

SKEMA PROSES PRODUKSI SECARA UMUM

 

 

KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

1.         Lebih Higienis
2.         Terjamin Kebersihannya
3.         Sesuai dengan standar penyajian makanan yang baik

4.2   BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN (DALAM RUPIAH)
SUMBER
TEPUNG TERIGU
Rp. 6.000.000,00
AGEN
TELUR
Rp. 1.200.000,00
AGEN
PISANG RAJA
Rp. 4.500.000,00
AGEN
TAHU
Rp. 3.000.000,00
AGEN
TEMPE
Rp. 2.850.000,00
AGEN
DAGING SAPI
Rp.13.500.000,00
AGEN
DAGING AYAM
Rp. 3.750.000,00
AGEN
BEBERAPA JENIS SAYURAN
Rp 4.000.000,00
AGEN

BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
CABAI,BAWANG
Rp. 1.290.000,00
AGEN
BUMBU DAPUR
Rp. 1.000.000,00
AGEN
BEBERAPA JENIS BUAH
Rp. 2.000.000,00
AGEN

4.3   KAPASITAS PRODUKSI

FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI

*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

4.4   RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.         ADVERTISING USAHA MELALUI BROSUR, IKLAN KORAN, MEDIA ONLINE
2.         PENAMBAHAN MENU-MENU TERBARU
3.         PENGEMBANGAN WILAYAH PASAR



5.   ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1   ANALISIS KOMPETENSI SDM

    

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.         UNTUK BAG.ACOUNTING JELAS MEMILIKI KEAHLIAN KOMPUTER
2.         JURU MASAK YANG HANDAL
3.         BAG.PEMASARAN YANG CEKATAN

5.2   ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
SURVEYOR
SMA
-
Mengetahui Area Seluruh Pontianak
GUDANG
SMA
-
Merincikan Input dan Output barang yg digunakan untuk proses produksi
SALES
SMA
-
Untuk menyebarkan brosur di seluruh Area Pontianak
PERSONALIA
DIII / S1
MINIMAL 1 TAHUN
Untuk menangani masalah ketenagakerjaan mulai dari rekruitment karyawan, penggajian, kenaikan jabatan (promosi), penilaian prestasi kerja, penghargaan karyawan secara langsung maupun tidak langsung, pengadaan keamanan (securty) perusahaan

5.3   RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Direkrut
JURU MASAK
10
15
7
GENERAL AFFAIR
2
1
2


6.   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

    STRATEGI PEMASARAN
Dalam jangka pendek, kami akan membuka bisnis kami di salah satu pusat perbelanjaan di kota Pontianak, dengan begitu kami tidak perlu khawatir dan takut kehilangan pasar. Untuk strategi pemasaran kami telah membuat iklan di brosur-brosur, dan telah memasarkan melalui jaringan bisnis online.
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
    STRATEGI PRODUKSI
Kami melakukan strategi produksi dengan mengandalkan kecekatan dan ketelitian para pekerja agar hasil yang didapatkan tidak merugikan konsumen. Selain itu kami juga terus menggunakan peralatan-peralatan penunjang untuk meningkatkan keefektifitas dan keefisienan produksi.


...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI ORGANISASI DAN SDM

ü  General Manager Manufacturing (GMM)
Memimpin perusahaan dan bertanggung jawab terhadap seluruh kelangsungan hidup perusahaan . Dalam menjalankan tugasnya GMM dibantu oleh empat divisi.
ü  Division
Memimpin group dan bertanggung jawab atas beberapa departemen yang ada dibawahnya. Di perusahaan kami menjalankan empat fungsi divisi, yaitu divisi keuangan, divisi pemasaran, divisi SDM, dan divisi produksi.
ü  Safety and Environmental Control
Memberikan pembinaan mengenai keselamatan kerja karyawan, membuat standar pakaian dan alat kerja sehingga dalam bekerja karyawan mendapatkan jaminan keselamatan dan apabila terjadi kecelakaan perusahaan akan bertanggung jawab, sepenuhnya dengan catatan ketika kecelakaan terjadi karyawan telah memakai pakaian dan alat keselamatan kerja sesuai standar perusahaan.


    STRATEGI KEUANGAN
Modal yg kami punya langsung dibagi untuk keperluan bahan baku,penolong, pengeluaran lainnya seperti pembayaran air,listrik, serta pembayaran gaji untuk para karyawan......................................
...............................................................................................................................................

6.2   TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Pemasaran Usaha

Penambahan karyawan











Pembelian Alat-alat produksi agar mempercepat proses pengolahan



























7.   ANALISIS KEUANGAN

7.1   LAPORAN KEUANGAN








7.2   RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI


1



KETERANGAN:
Nilai Penerimaan tahun pertama (2001) sama dengan jumlah Penerimaan per bulan untuk tahun pertama (2001), begitu pula dengan nilai pengeluaran. Saldo kas awal tahun pertama (2001) adalah saldo kas awal bulan pertama.





7.4   RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN

TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
RP.400.000.0000


TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
RP. 150.000.000

TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
RP. 250.000.000


 

JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)
3 TAHUN
*)  sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
 TIAP DESEMBER
*)  sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

7.6   AGUNAN YANG DIMILIKI

1.         Jenis Agunan
TANAH

2.         Spesifikasi dan Keterangan Lain-Lain
TANAH 1 HEKTAR

3.         Aspek Legalitas
AKTA TANAH ADA

4.         Nilai Agunan
3 MILYAR


8.   ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1   DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

  • Usaha lebih dikenal oleh masyarakat sekitar tempat tinggal
  • Lebih bisa menyerap tenaga kerja yang juga berasal dari daerah dekitar


8.2   DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN

  • Sampah bekas pengolahan menumpuk, jika pengakut sampah tidak datang tepat waktu
Membuat masyarakat sekitar terganggu akan bau sampah yang dikeluarkan.


8.3   ANALISIS RESIKO USAHA

  • Pada umumnya produk gorengan seperti pada usaha kami diragukan karena penyajian makanan dengan cara digoreng seperti ini akan menimbulkan banyak masalah kesehatan, untuk itu kebanyakan ahli kesehatan tidak merekomendasikan produk kami sebagai makanan sehat dan aman terus-menerus dikonsumsi.

8.4   ANTISIPASI RESIKO USAHA

  • Untuk pencegahan naik turunnya harga barang pokok kami bekerja sama dengan agen di pasar Flamboyan dalam memasok keperluan untuk usaha kami, jika pun barang-barang tersebut naik, karena kita sudah berlanggan, kenaikan bisa diminimalisir.
  • Untuk mengurangi dampak buruk  produk kami dimana diproses dengan cara digoreng, kami membuat standar khusus dalam hal produksi, juga dengan menggunakan alat atau mesin khusus, untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada produk yang dihasilkan. Semua proses produksi yang kami lakukan sudah sesuai dengan standar operasional penyajian yang direkomendasikan.

LAMPIRAN

A.    ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

STRENGTH (KEKUATAN)
1.        PRODUK
    Harga jual
    Mutu produk
    Perlengkapan (feature) tambahan
    Pengemasan
Untuk Harga jual kami menyesuaikan dengan menu yg ditawarkan,dan tetap terjangkau. Kualitas, kehigienitas, dan kenyamanan pasti terjamin. Termasuk dalam penyajian dan kemasan, kami memberi standar khusus.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
    Online

Untuk mempromosikan bisnis ini,kami menjalin berencana kerja sama dengan mitra, dan memasarkan melalui jaringan internet, baik melalui social media maupun bisnis online.
3.        PELAYANAN PELANGGAN
    Keramahan pelayanan
    Layanan Pesan Antar
Untuk pelayanan kami mengutamakan keramahan kepada semua konsumen. Dan pada layanan delivery order kami tetap mempertahankan keramahan dan pesanan akan dating tepat waktu dan sesaui dengan pesanan.
4.        ORGANISASI DAN SDM
    Tingkat keahlian khusus


    Tingkat pendidikan
    Pengalaman kerja
    Jumlah tenaga kerja
Untuk tingkat keahlian, kami berupaya menghadirkan sumber daya manusia yang kompeten, terlebih dengan rencana pengembangan usaha dan pemasaran, kami membutuhkan tenaga kerja yang mampu berkontribusi nyata sesuai bidangnya.
5.        SISTEM MANAJEMEN
    Sistem pembukuan (akuntansi)
    Sistem administrasi
Dalam bisnis kami, kami mempekerjakan sumber daya manusia yang kompeten untuk menangani berbagai hal, mulai dari manejerisasi, pemasaran, keuangan, maupun pelayanan secara langsung.
6.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Kemampuan pemenuhan order
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Kami telah membuat perencaan yang matang baik itu mengenai perincian bahan baku produksi, dan kapasitas produksi kami sesuaikan dengan target penjualan kami. Kami juga membuat strategi-strategi khusus untuk menawarkan produk kami agar kapasitas produksi yang kami rencanakan tepat dan sesuai dilapangan.


7.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi modern
Melalui tekinologi, kami terus mengemengembangkan ide dan pemikiran. Selain itu kami juga menggunakan teknologi sebagai salah satu sarana pemasaran produk kami.


















WEAKNESS (KELEMAHAN):
1.        PRODUK
    Harga jual
Kami berkomitmen untuk menetapkan harga yang standar, sehingga tidak mudah berubah-ubah hanya karena kendala biaya produksi. Untuk itu kami membuat strategi khusus agar harga jual kami tetap (tidak fluktuatif) dan tetap dapat bersaing.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
    Online
Dalam hal pemasaran, kendala utama kami terdapat pada sejauh mana informasi mengenai keberadaan bisnis kami ini sampai. Apabila hanya menggunakan iklan melalui flyer-flyer, informasi yang sampai hanya terbatas pada tempat-tempat tertentu, dan tidak semua orang berminat untuk membacanya. Untuk itu kami menggunakan jaringan online untuk lebih memperkenalkan produk kami kepada konsumen.
3.        ORGANISASI DAN SDM

Untuk tenaga kerja kami masih terus mencari tenada atau sumber daya manusia yang kompeten sesuai dengan bidangnya.
4.        PRODUKSI
    Proses produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Penanganan limbah produksi
    Hasil produksi
Dalam hal perencanaan produksi, kami telah memiliki system perencanaan yang tepat sehingga hal-hal yang menyangkut kapasitas, proses, maupun hasil produksi tidak terlalu menjadi kendala. Segala hal dalam produksi terkontrol dengan baik.
Dalam hal penanganan limbah, untuk sementara ini kami mengolahnya secara manual, namun untuk kedepannya kami berencana membuat system penanganan limbah yang memadai dan ramah bagi lingkungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar