Jumat, 13 Januari 2012

proposal chatering khatulistiwa


Rencana Bisnis
CATERING KHATULISTIWA
MAKANAN SIAP SAJI PESAN ANTAR





Pontianak, 7 Januari 2012



disusun oleh:
Julius Stephanus
EmeliaYuni Ikawati
Yuni Safitri
Berkat Kristina S
Siti Notavia
PEMILIK USAHA




JL. Urai Bawadi Gang Suditrisno
No. Telepon 085346340091


DAFTAR HALAMAN



         3.4    PROYEKSI PENJUALAN………………………………………………………...8
4.4    RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI…………………………………..12
7.2    RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI………………………………………..18
7.3    RENCANA ARUS KAS (KAS FLOW)………………………………………….19
B.    PETA LOKASI……………………………………………………………………28
C     FOTO PRODUK…………………………………………………………………..29
 


1.   RINGKASAN EKSEKUTIF

“CATERING KHATULISTIWA” MERUPAKAN USAHA DALAM BIDANG MAKANAN SIAP SAJI PESAN ANTAR.
RENCANA PENGEMBANGAN UNTUK USAHA KAMI, KAMI AKAN MENYEDIAKAN MENU-MENU MAKANAN YANG LEZAT. UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KAMI TERSEBUT KAMI BERENCANA MEMBUTUHKAN DANA HAMPIR  RP.50.000.000 LEBIH  DENGAN JANGKA WAKTU 1 TAHUN, SERTA DENGAN ANGUNAN YANG TELAH DISEPAKATI  BERSAMA.


2.   LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1   DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Usaha
CATERING KHATULISTIWA

2.         Bidang Usaha
MAKANAN SIAP SAJI PESAN ANTAR

3.         Jenis Produk
MAKANAN DAN MINUMAN

4.         Alamat Perusahaan
JL. URAI BAWADI GG. SUDITRISNO

5.         Nomor Telepon/Fax
085346340091



6.         Bank Usaha
BANK MANDIRI

7.         Bentuk Badan Hukum
-

8.         Nomor Akte Pendirian
-

9.         N P W P
-

10.     Mulai Berdiri
2012


2.2   BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
KRISTIN SIBUEA

2.         Jabatan
PEMILIK USAHA

3.         Tempat dan Tanggal Lahir
Pontianak, 12 Juni 1992

4.         Alamat Rumah
JL. URAI BAWADI GG. SUDITRISNO

5.         Nomor Telepon
085346340091

6.         Nomor Fax
-

7.         Alamat E-mail
Kristin_sibuea@yahoo.co.id

8.         Pendidikan Terakhir
SMAN 4 Pontianak

9.         Pengalaman Kerja
-

2.3   STRUKTUR ORGANISASI

                                                     KRISTIN SIBUEA
                                                            PEMILIK
 



SITI & YUNI
JURU MASAK
 






2.4   SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM

NAMA
JUMLAH SAHAM
NILAI SAHAM
PERSENTASE
KRISTIN SIBUEA
1
10.000.000
50%
EMELIA
1
10.000.000
50%




TOTAL
2
20.000.000
100%


3.   ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

1. AYAM BUMBU BALADO
2. CAPCAI
3. RENDANG SAPI
4. PEPES IKAN TERI
5. ANEKA JENIS SAYUR SIAP JADI
6. ANEKA SAMBAL
7. ANEKA MINUMAN SEGAR

Produk yang kami buat tergantung dari pesanan para pelanggan



KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

1.         AMAN TANPA BAHAN PENGAWET
2.         SEGAR DAN FRESH
3.         KUALITAS TERJAMIN DAN HALAL



    BROSUR
Kami menyebarkan dengan menggunakan brosur, dan membagikan kerumah rumah .

...............................................................................................................................................

    ADVERTISING / IKLAN
Kami juga menggunakan iklan di Koran terkenal di Pontianak untuk memasarkan usaha kami           
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

3.3   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

Pem beli atau pelanggan kami kebanyakan dari orang yang tidak sempat memasak dirumahnya, seperti para pekerja kantor, baik wanita maupun pria, Atau para Ibu ibu yg tidak sempat memasak dikarenakan pekerjaannya.Serta ada pula dari kalangan mahasiswa.



3.5   STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
Tiap hari kami akan melakukan pembaharuan menu-menu terbaru untuk usaha kami, agar pelanggan tidak bosan dengan menu itu-itu saja.Dan tidak meninggalkan menu-menu yang sudah ada.......
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Untuk sementara kami hanya memasarkan di kawasan Pontianak kota, Pontianak Barat, karna terkendala jarak dan SDM untuk mengantar produk kami..Untuk selanjutnya Kami akan seger mengembangkan usaha kami untuk wilayah Pontianak utara, Pontianak selatan dan timur.......................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan penyebaran Brosur-brosur oleh para salesman kami,menawarkan harga diskon untuk pelanggan baru.Serta kami juga mempromosikan usaha kami lewat surat kabar dan radio setempat.   
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami tetap akan melakukan perubahan menu menu terbaru, agar para pelanggan bosan dengan menu yang itu itu saja.Serta menetapkan harga yang sesuai dengan menu yang kami sajikan.....................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

3.6   ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
RUMAH MAKAN SIAP SAJI
1.         LEBIH CEPAT MENYAJIKAN PRODUK
2.         MURAH
1.         KEAMANAN MERAGUKAN
2.         KEBERSIHAN BELUM TERJAMIN
FAST FOOD
1.         KEBERSIHAN TERJAMIN
2.         FASILITAS LENGKAP
1.         MAHAL
2.         MENGGUNAKAN PENGAWET

3.7   SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1.     Wilayah Pemasaran
√     Lokal ..................... 100. %

2.     Jalur Distribusi
     Individu


3.     Alamat  Penjualan (Pemilik Usaha)
JL. URAI BAWADI GG. SUDITRISNO





4.   ANALISIS PRODUKSI

4.1   PROSES PRODUKSI

PROSES PRODUKSI
TEKNOLOGI
PEMOTONGAN
Tradisional
PEMBUMBUAN
Tradisional
PENGOLAHAN



KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

1.         Lebih Higienis
2.         Terjamin Kebersihannya

4.2   BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
AYAM
25 KG
PASAR MAWAR
DAGING
10 KG
PASAR MAWAR
IKAN
10 KG
PASAR MAWAR
BERAS
70 KG
PASAR MAWAR

BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
CABAI,BAWANG
25 KG
PASAR MAWAR
BUMBU DAPUR
5 KG
PASAR MAWAR
SAYURAN
5 KG
PASAR MAWAR

4.3   KAPASITAS PRODUKSI

FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI

*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

4.4   RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.         ADVERTISING USAHA MELALUI BROSUR, IKLAN KORAN, RADIO
2.         PENAMBAHAN MENU-MENU TERBARU
3.         PENGEMBANGAN WILAYAH PASAR



5.   ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1   ANALISIS KOMPETENSI SDM

     

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.         UNTUK BAG.ACOUNTING MEMILIKI KEAHLIAN KOMPUTER
2.         JURU MASAK YANG HANDAL
3.         BAG.PEMASARAN YANG CEKATAN

5.2   ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
SURVEYOR
SMA
-
Mengetahui Area Seluruh Pontianak
GUDANG
SMA
-
Merincikan Input dan Output barang yg digunakan untuk proses produksi
SALES
SMA
-
Untuk menyebarkan brosur di seluruh Area Pontianak

5.3   RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Direkrut
JURU MASAK
6
5
1










6.   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

    STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami melalui mulit kemulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak maka kami memulai dengan penyebaran brosur ke rumah rumah makan,dilampu merah serta kerumah rumah penduduk.
Setelah Usaha kami berkembang sedikit demi sedikit, saya memberanikan diri dengan melakukan pemasaran lewat radio serta di Koran Koran terkemuka di pontianak...................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya melakukan pencatatan menu-menu yang pelanggan saya pesan, memulai proses pembelanjaan bahan-bahan. Setelah Brang tersebut dibeli,juru masak kami segera melakukan tugasnya yaitu memulai dengan proses pemotongan bahan baku seperti ayam, daging, ikan, pencucian beras serta memasaknya. Menunggu pemotongan bahan baku selesai, maka ada juru yg bertugas membuat bumbu dan proses pengolahan dilakukan setelah proses pemotongan serta pencucian  dan pembumbuan selesai.  
...............................................................................................................................................

    STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
_      1 Orang Manajer Yang menghandle pemesanan menu para pelanggan, belanja ,dan memantau hasil kerja karyawan
Juru masak terdiri dari 9 orang,.............................................................................................
3 Orang bagian memotongan bahan baku
2 Orang bagian Pembumbuan
4 Orang Bagian Juru masak...................................................................................................
-           Pemasaran (Pengantar Produk) 9 Orang
-           Acounting  1 Orang, untuk pembayaran gaji,dan pengeluaran lainya.

    STRATEGI KEUANGAN
Modal yg kami punya langsung dibagi untuk keperluan bahan baku,penolong, pengeluaran lainnya seperti pembayaran air,listrik, serta pembayaran gaji untuk para karyawan......................................
...............................................................................................................................................

6.2   TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Pemasaran Usaha

Penambahan karyawan











Pembelian Alat-alat produksi agar mempercepat proses pengolahan




























7.   ANALISIS KEUANGAN

7.1   LAPORAN KEUANGAN




7.2   RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI

1





KETERANGAN:
Nilai Penerimaan tahun pertama (2001) sama dengan jumlah Penerimaan per bulan untuk tahun pertama (2001), begitu pula dengan nilai pengeluaran. Saldo kas awal tahun pertama (2001) adalah saldo kas awal bulan pertama.





7.4   RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN

TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
RP.180.000.0000


TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
RP. 35.000.000

TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
RP. 145.000.000


7.5   RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN

JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)
15 TAHUN
*)  sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
 TIAP DESEMBER
*)  sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

7.6   AGUNAN YANG DIMILIKI

1.         Jenis Agunan
TANAH

2.         Spesifikasi dan Keterangan Lain-Lain
TANAH 1 HEKTAR

3.         Aspek Legalitas
AKTA TANAH ADA

4.         Nilai Agunan
2 MILYAR


8.   ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1   DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

  • Usaha lebih dikenal oleh masyarakat sekitar tempat tinggal
  • Jika pesanan lebih banyak biasanya kami meminta tetangga sekitar untuk membantu.


8.2   DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN

  • Sampah bekas pengolahan menumpuk, jika pengakut sampah tidak datang tepat waktu
Membuat masyarakat sekitar terganggu akan bau sampah yang dikeluarkan.


8.3   ANALISIS RESIKO USAHA

  • Biasanya yang menjadi kendala yaitu bahan baku / bahan pokok dalam pembuatan produk seperti daging,sayur, serta bumbu yang kadang-kadang naik tanpa sepengetahuan, membuat modal yang telah direncanakan seperti biasa harus bertambah karena kenaikan tersebut.

8.4   ANTISIPASI RESIKO USAHA

  • Untuk pencegahan naik turunnya harga barang pokok kami bekerja sama dengan agen di pasar Flamboyan dalam memasok keperluan untuk usaha kami, jika pun barang-barang tersebut naik, karena kita sudah berlanggan, kenaikan bisa diminimalisir.



LAMPIRAN

A.    ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

STRENGTH (KEKUATAN): sebutkan asset atau hal yang paling berharga dalam organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PRODUK
    Harga jual
    Mutu produk
    Perlengkapan (feature) tambahan
    Pengemasan
Untuk Harga jual kami menyesuaikan dengan menu yg dipesan,dan sangat terjangkau. Kwalitas pasti terjamin kehegienisannya,serta kami meminjamkan tempat makan seperti Rantang,piring,serta sendok.Dan sesuai dengan waktu yg ditentukan kami akan mengambil kembali tempat tersebut.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
Untuk mempromosikan usaha catering kami,kami melakukan penyebaran brosur .
3.        PELAYANAN PELANGGAN
    Keramahan pelayanan
Untuk keramahan tetap akan kami terapkan mulai dari pemesanan sampai produk yang telah dipesankan sampai ke tujuan pelanggan.
4.        ORGANISASI DAN SD
    Tingkat keahlian khusus


    Tingkat pendidikan
    Pengalaman kerja
    Jumlah tenaga kerja
Untuk tingkat keahlian, seperti juru masak  sangat diperlukan agar tercipta suatu menu terbaru,
Karena usaha kami belumlah sebesar perusahaan, maka tingkat pendidikan yg tinggi belumlah menjadi patokan bagi kami,karena kami lebih memerlukan skill khusus untuk usaha kami.
Begitu juga untuk pengalaman sama seperti keahlian diatas juga dibutuhkan bagi usaha kami.
Untuk jumlah tenaga  kerja kami belum membutuhkan tenaga yang cukup besar ,karena usaha kami belumlah terlalu besar.

5.        SISTEM MANAJEMEN
    Sistem pembukuan (akuntansi)
    Sistem administrasi
Disini kami menggunakan tenaga Accounting untuk menghitung dana keluar danmasuk untuk kelancaran produksi kami.
Tenaga accounting disini juga merangkap sebgai juru bayar untuk penggajian karyawan, dll.
6.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Kemampuan pemenuhan order
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Karena usaha kami ini dimulai melalui pemesanan, maka kapasitas produksi disesuaikan dengan jumlah pemesanan tersebut, dan dari situ bisa dilihat berapa besar biaya untuk memproduksi suatu menu serta jumlahnya.
Untuk kemampuan orderan kami terima berapapun asal telah disepakati jauh-jauh hari.
Untuk penangganan limbah produksi kami, kami telah membayar pengambil sampah khusus yg datang setiap hari mulai pukul 06.00 wib.
7.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi modern
Untuk teknologi kami menggunakan internet untuk melihat menu-menu terbaru, serta cara pengembangan usaha kami.

2 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. hai kak...ada beberapa yang tidak bisa dibaca...boleh minta soft filenya ?

    BalasHapus